S1 Teknologi Informasi, wewww

Kabar yang sebelumnya sekedar isu akhirnya dipublikasikan resminya sepekan lalu, yaitu eksistensi program studi S1 Teknologi Informasi. Dengan afiliasi di Fakultas Informatika, maka akan ada tiga program studi S1 yang memang bertetangga. Sebelumnya, sudah ada Teknik Informatika serta Ilmu Komputasi sebagai komponen FIF di ranah S1. Yang lebih menarik, jika kita menyinggung fakultas tetangga yang memang sebetulnya satu rumpun dengan tiga program studi. Universitas Telkom memang sudah punya S1 Sistem Informasi di Fakultas Rekayasa Industri serta S1 Sistem Komputer di Fakultas Teknik Elektro.

Dengan kata lain, Universitas Telkom punya 5 program studi berbasis komputasi ataupun rumpun ilmu komputer. Sebuah fenomena yang unik karena di perguruan tinggi lainnya hal ini sangat jarang. Universitas Indonesia hanya punya tiga, yaitu Ilmu Komputer, Sistem Informasi, serta Teknologi Informasi. Malah SI dengan TI ''dibuat'' berpasangan antara S1-SI dengan S2-TI. Institut Teknologi Bandung pun hanya punya dua program yang serumpun di ranah S1, Teknik Informatika serta Sistem dan Teknologi Informasi. Kampus lain kebanyakan malah hanya membangun Teknik Informatika saja.

Yang menarik, salah seorang dosen beberapa bulan sebelumnya sempat berujar bahwa kalaupun nantinya ada program studi Teknologi Informasi, maka ini merupakan pengembangan lanjut dari Kelompok Keahlian/KK Telematika yang ada di program studi Informatika. Hmmm, jauh sebelum bertransformasi universitas, S1 Teknik Informatika memang sudah mempunyai tiga KK, yaitu Telematika, SIDE, serta ICM. Menariknya, ketiga KK ini mirip dengan program studi lainnya lho. Mahasiswa yang fokus SIDE akan menyerupai mahasiswa S1 Sistem Informasi, begitu pula Telematika dengan S1 Sistem Komputer dan ICM dengan S1 Ilmu Komputasi. Dinamisnya ekosistem saat ini ternyata memberi perkembangan yang lain.

Sebagai alumni Informatika IT Telkom serta alumni S2 Teknologi Informasi, saya penasaran dengan program studi Teknologi Informasi. Akan memiliki kekhasan dimana kira-kira ya... Karena di Fasilkom sendiri, Teknologi Informasi hanya ada di S2, itu pun bergandengan dengan Sistem Informasi. Sedangkan jika memang ujar-ujar dosen tadi, maka Teknologi Informasi ini merupakan penjelmaan dari KK Telematika, bukan SIDE yang serupa dengan Sistem Informasi. Menarik untuk dinanti ramuan apa yang jadi kekhasanya.

No Response to "S1 Teknologi Informasi, wewww "