Mulai akhir Juli ini, blog saya, r5alburuj.blogspot.com akan saya pergunakan pula untuk meng-share tentang materi atau tugas akademik saya. Dulu hal tersebut pernah saya terapkan pada mata kuliah Bahasa Inggris III, dan tidak ada salahnya berbagi ilmu yang mana pemilik segala ilmu itu sama, yaitu ALLah SWT. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi pembaca agar lebih baik lagi dalam memperjuangkan hidup. Dan mata kuliah Inovasi dan Kewirausahaan mendapat kehormatan sebagai mtakul pertama yang posting di rencana pengembangan blog saya. Kali ini saya memaparkan tugas resume matkul Inov pertama saya.
Kreatif menurut Aldair (1996) adalah menghadirkan sesuatu benda atau
hal yang sebelumnya sama sekali belum ada untuk dipergunakan. Ide yang kratif
dikaitkan dengan ide yang baru paling tidak untuk orang yang bersangkutan Ide
kreatif ini dapat melibatkan sebuah
usaha penggabungan du ahal atau lebih ide-ide secara langsung. Kreativitas
merupakan memikirkan sesuatu,kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang
baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa
yang telah ada sebelumnya.
Inovasi merupakan suatu hasil
penemuan ide-ide baru dalam bentuk pengetahuan dan konsep, penemuan hasil dalam
teknologi baru dan bisnis untuk memungkinkan penciptaan nilai melalui komoditas,
barang, jasa, dan pengalaman. Dalam definisi lain inovasi: Sebuah proses perubahan yang disengaja dibuat untuk menciptakan nilai dengan memenuhi kesempatan
dan mencari keuntungan. (Cooger, 1990) Dari definisi tersebut, terdapat elemen
kunci :
- Proses, yaitu dalam inovasi terdapat pengelolaan
- Sengaja, yaitu adanya kesadaran utnuk melakukannya dalam mencapai tujuan
- Perubahan, dimana terdapat suatu perbedaan yang terjadi sebagai kondisi pada hasil akhir yang diharapkan
- Nilai, yaitu adanya suatu nilai yang bermanfaat dari inovasi tersebut
- Peluang, ini berarti inovasi merupakan suatu pemanfaatan peluang untuk mencapai tujuan.
- Keuntungan, ini terkait elemen nilai, dimana inovasi umumnya berorientasi pada peningkatan nilai secara material dengan parameter berupa keuntungan secara financial.
Menurut Peter Drucker, “innovation is the ‘specific function of the
entrepreneur.’ “.
Inovasi dan kerativitas berbeda wilayah domain yang sama,teapi
memiliki batasan yang tegas. Kreatifitas merupakan langkah pertama menuju
inovasi yang terdiri atas berbagai
tahap. Kreatifitas berkaitan dengan produksi
kebaruan dan ide yang bermanfaat sedangkan inovasi berkaitan dengan
produksi atau adopsi ide yang bermanfaat
dan implementasinya.
Kewirausahaan sendiri mempunyai pengertian proses mengeksplorasi
bagaimana menambahkan nilai kepada orang lain dengan cara yang baru atau
berbeda. Pengusaha menangkap bahwa nilai dalam bentuk kekayaan, dan kemudian
bahwa kekayaan dengan orang lain: klien, pengguna, karyawan, pemasok,
masyarakat, pemerintah, dll Untuk memahami bahwa menjadi kreatif dan inovatif
yang tidak cukup dan untuk menyadari bahwa ada nilai dimaksimalkan menunggu
untuk ditemukan atau diciptakan, adalah apa yang pengusaha melakukan yang terbaik
ketika mereka berencana, kemudian mereka mengambil tindakan, dan akhirnya,
mereka berkembang. Pengertian ini dikembangkan oleh Alicia Holley Castillo. Dan
memang pada dasarnya kewirausahaan adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang
memiliki kemauan dalam mewujudkan
gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.
Hubungan yang terjadi diantara kreativitas dan inovasi dengan
kewirausahaan adalah ketiganya adalah kreativitas dan inovasi yang merupakan
suatu metode yang diperlukan seorang wirausahawan dalam menjalan aktivitasnya.
Hal itu merupakan perspektif yang tepat karena Kondisi zaman yang terus
berkembang sehingga dibutuhkan inovasi agar kongsi dagang dapat bertahan serta
apa yang menjadi komoditas (baik barang maupun jasa) dapat tetap laku dengan
brand/merk yang kita punya. Dapat diambil contoh perkembangan teknologi
internet yang mendorong metode jual ebli melalui internet yang kita kenal
sebagai e-commerce
·
Tantangan dan tuntutan di tiap
zaman yang terus berkembang, sehingga diperlukan inovasi dan kreativitas
sebagai solusi yang menjawabnya. Sebagai contoh, tuntutan kebutuhan ukuran file
computer yang terus meningkat menyebabkan peningkatan kapasitas memori
computer.
·
Persaingan yang semakin ketat
diantara competitor dalam memperebutkan customer. Misalnya diantara vendor
mouse yang meningkatkan nilai jual dengan inovasi dari segi artistic, misalnya
mouse dengan motif batik.
Kreativitas dan inovasi tersebut dapat diterapkan (baik salah satu
maupun lebih) pada aspek metode (proses bisnis) maupun metode dalam
berwirausaha.
Salah satu ciri/karakter enterpreneur adalah Pemegang Kendali. Hal ini
cukup memancing rasa ingin tahu saya terhadap bagaimanakah penerapannya dalam
bisnis nyata. Pemegang kendali memang dapat dilihat dari berbagai sudut, baik
interal perusahaan maupun eksternal perusahaan.
Salah satu persepsi pemegang kendali adalah dilihat dari kekuasaan dan
kekuatannya di dalam perusahaan tersebut. Bisa dibilangsecara struktural,
kebijakan yang dibuatnya akan dituruti oleh segenap pekerjanya.
Sebagai contoh,
bisa dilihat pada Mark Zuckeberg yang masih dominan dalam menentukan bagaimana
aplikasi jejaring sosial facebook dikembangkan. Contoh lain dapat dijumpai di
beberapa klub sepakbola Eropa yang telah mempunyai orientasi bisnis yang rapi.
Presiden Inter Milan, Massimo Morrati adalah seorang taipan yang mengelola klub
berjuluk Il Nerazurri ini sejak dekade 1990-an. Meskipun jajaran direksi
berganti, namun kekuatan Morrati dalam menentukan “mau dibawa kemana klub ini”
sangatlah kental, bahkan bisa cenderung dialah yang menentukan siapa yang boleh
dibeli dan siapa yang tidak perlu dibeli.
Contoh yang
“bagai pinang dibelah kampak” juga dapat ditemui pada sosok Roman Abramovich.
Mungkin bagi pecinta sepakbola sebelum tahun 2003 tidak pernah mendengar
namanya. Namun bagi para pengamat bisnis, khususnya kawasan Eropa Timur, maka
nama itu jelas tidak asing lagi, dia adalah taipan raksasa di negeri raksasa,
Republik Federasi Rusia. Tanpa gembar-gembor sebelumnya, dia menggebrak dataran
Inggris dengan menguisisi Chelsea, sebuah klub yang secara peringkat tergolong
upper medioker. Koran-koran London pun heboh. Fans pun demikian. Dalam hitungan
hari markas latihan Chelsea didatangi Andrian Mutu, Hernan Crespo, Claude
Makele yang sudah berbaju zirah Chelsea. Tanpa sentuhan fulus dari sang
entrepreneur, agaknya sulit membayangkan mereka sudi berkostum Chelsea. Itu
terjadi di tahun 2003 dimana di akhir musim 2003/2004 mereka lolos ke Liga
Champion. Sepak terjang Abramovich tak berhenti di situ. Dia mendatangkan Jose
Mourinho. Berbagai pemain berbanderol langit pun direkrut dengan sentral
kebijak ada padanya. Bahkan nama seperti Andrii Shenchenko pun merumput juga
dengna balutan kaos biru Chelsea walau justru tidak diinginkan sang pelatih.
Ini menunjukkan bagaimana seorang entrepreneur mempunyai kekuasaan dan kekuatan
dalam menentukan siapa yang layak menjadi para pejuangnya.
Sosok yang serupa dengan Morrati dan Abramovich. adalah
Tommy Soeharto tatkala mulai menggebrak dunia otomotif Indonesia dengan merk
mobil Timor. Berbekal kucuran dana serta tak bisa dipungkiri nama besar sang
ayah ikut mendongkrak Tommy untuk jadi enterpreneur yang sangat kuat dalam
lingkup internal perusahaan.
Sudut pandang lainnya adalah melihat pemegang kendali yang mempunyai
pengaruh hingga ke eksternal perusahaan. Beberapa hal yang dapat disebut
sebagai pertanda sang enterpreneur mampu menggebrak hingga eksternal perusahaan
antara lain :
1.
Perusahaannya
mampu mendominasi persaingan
Sebagai contoh, dapat dianalisis bagaimana Google
sebagai produk search engine mampu mengkudeta Yahoo. Dan sampai dengan tulisan
ini dibuat pun, Google masih menjadi kaisar search engine di dunia. Yahoo yang
sempat dalam posisi kalah dalam memperebutkan peringkat pertama search engine
namun masih memegang titel sebagai provider email paling laku saat ini harus
merelakan Google meraih double winner di dua bidang tersebut.
2.
Perusahaannya
mampu mengakuisisi perusahaan lain, baik serupa maupun lain jenis
Tidak perlu jauh-jauh. Yayasan Pendidikan Telkom
pimpinan Herry Kusaeri mampu mengakuisi Sekolah Tinggi Ilmu Seni Indonesia
(STISI) untuk menjadi bagian dari YPT Group dan beralih nama menjadi STISI Telkom.
Proses pengakuisisiannya dilalui dalam dua tahap, yaitu akuisisi sebagian
hingga akuisisi penuh. Kini STISI Telkom mulai diperhitungkan dalam persaingan
antarperguruan tinggi. Hal ini tidak terlepas dari skema industri teknologi
informasi dan komunikasi yang tidak hanya mengandalkan device maupun manajemen
saja (dalam hal ini, YPT telah mempunyai IT Telkom, IM Telkom, serta Politeknik
Telkom yang fokus di bidang teknik/rekayasa device secara proses engineering
dan manajemen), namun juga mulai merambah pada aspek kebutuhan content. Hal ini
yang akan menjadi stimulus untuk memasok tenaga kerja di bidang content dari
STISI Telkom. Sebuah pemikiran yang cerdas dan menjadi indikator bahwa dalam
ranah bisnis, YPT mempunyai iktikad untuk memegang kendali industri TIK di
Indonesia.
Kadang apa yang menjadi gerak sang enterpreneur
tidak melulu sesuai dengan ranah bidang perusahannya saat ini. Nirwan Darmawan
Bakrie misalnya. Beliau justru menjadi investor dan ikut memegang kekuasaan
dari aspek kepemilikan saham di 3 klub di 3 benua berbeda, yaitu Pelita Jaya
Karawang di Liga Super Indonesia, Viese di Jupiler League, Belgia, serta
Brisbane Roar di Australia A-League.
Khusus kasus Nirwan, selain motif bisnis, tidak
bisa dipungkiri, beliau mempunyai ketertarikan luar biasa di bidang sepakbola
dan nasionalisme tinggi. Maka status enterpreneur yang berkarakter pemegang
kekuasaan, bukan hal yang mustahil baginya utnuk melebarkan sayap bisnisnya
3.
Usaha bisnisnya menjadi
penggerak suatu minat masyarakat
Kembali penulis memberikan contoh dari sepakbola. Pada kasus Roman
Abramovich, terjadi sebuah perkembangan sepak bola di masyarakat Rusia.
Masyarakat Rusia pada 2003-an mulai melupakan sepakbola sebagai suatu olahraga
favorit. Tenggelamnya nama Rusia di kancah sepakbola yang tidak seperti Uni
Sovyet yang begitu melegenda menjadi sebab regresinya minat masyarakat Rusia.
Namun gebrakan Abramovich yang disusul masuknya beberapa pemain Rusia ke tim
Chelsea menjadi awal kembali bergairahnya persepakbolaan Rusia yang jug akembali
digandrungi masyarakt Rusia. Hal serupa juga terjadi di Major League Soccer,
yaitu liga sepakbola USA. Liga ini secara kualitas awalnya tidak menjanjikan,
bahkan dibandingkan dengan Liga Meksiko (tetangga USA sekalipun) sangat jauh
tertinggal. Namun dengan inisiatif para entrepreneur klub, berbagai pemain
bintang seperti David Beckam, Robbie keane, Thierry Henry, Rafael Marquez
menjadikan sepakbola mulai menggeser rugby sebagai olahraga favorit
masyarakatnya.
Bagaimana dengan pembaca? Akankah mengikuti kisah-kisah di atas?
No Response to "Berkas Tugas Inov [1]"
Posting Komentar