#TheNewBeginning by @salamui feat @fukisasilkom

Assalamu'alaykum Sobat! Apa kabar? Semoga selalu sehat dengan berbagai kesibukan teman teman selama sepekan ini (:
Malem ini cerah bersinar ya Sob. Tepat sekali dengan awal Tahun Baru Islam 1436 Hijriah. Alhamdulillah, it's #TheNewBeginning for us!
Sobat pasti inget dong ya asal muasal sejarah Tahun Baru Hijriah. Simpelnya, sejarah ini berawal dari sebuah kata: 'hijrah' #TheNewBeginning
Hijrah pada saat itu diartikan sebagai perpindahan. Pindah dari tempat dan kondisi yang buruk menuju yang lebih baik. #TheNewBeginning
Spesial malam ini, mimin mengajak sobat semua untuk meramaikan twitland menyambut Muharram. Sertakan hestek #TheNewBeginning ya (:

Banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil dari sejarah besar hijrah Rasulullah ini. Kira kira apa aja ya sob? (: #TheNewBeginning
Banyaknya rintangan dari kaum kafir membuat Rasulullah & pengikutnya memutuskan untuk hijrah dari Makkah ke Madinah. #TheNewBeginning
Rasul hijrah ke Madinah pada hari Senin, 12 Rabiul Awwal yang bertepatan dengan tanggal 24 September 622 Masehi. #TheNewBeginning
Hijrahnya umat Islam dari Makkah ke Madinah bukan hanya tentang nilai sejarah dan strategi perjuangan. #TheNewBeginning

Hijrah juga mengandung nilai-nilai & pelajaran berharga dari segi perbaikan kehidupan umat Islam dan kejayaan kaum Muslimin #TheNewBeginning
Nah jadi seharusnya kita ikut mengimplementasikan & mengadopsi nilai-nilai juga semangat hijrah ke dalam hidup kita sob! #TheNewBeginning
Bahkan seorang Ulama berkata: "Hijrah merupakan taktik. Strategi yang hendak dicapai adalah mengembangkan iman dan mempertahankan Islam".
Jadi hijrah tidak lain adl strategi kita menuju keadaan yang lebih baik dari sebelumnya. Seperti yang teman-teman twit (: #TheNewBeginning




Nah sekarang waktunya FUKI ingin sharing nih mengenai tahun baru Islam yang jatuh pada malam hari ini ;)
Tak terasa kita telah memasuki tahun baru 1436 Hijriah, tepatnya saat ini kita sudah berada di bulan Muharram ;)
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat At Taubah ayat 36 yang berbunyi..

..“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah sebagaimana disebut di Kitabullah ada 12 bulan sejak Allah menciptakan langit dan bumi,..
.. dan terdapat 4 bulan di dalamnya merupakan bulan yang diharamkan”.
Membicarakan bulan Muharram pasti tidak terlepas dari peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 M.
Hijrah itu sekaligus menjadi tonggak awal dimulainya kalender Islam ;)
Ini artinya hijrah Rasulullah beserta para sahabatnya ke Madinah telah berumur 1436 tahun.

Sebuah peristiwa bersejarah yang patut dikenang dan bisa menjadi proses transformasi spiritual sobat fukis..
Di dalamnya peristiwa trsbt terkandung makna & keteladanan untuk sebuah pengorbanan sejati yang mengapresiasikan perlawanan akan kebathilan
Selamat tahun baru Islam 1436 H sobat fukis. Semoga setiap jejak langkah kita di dunia selalu di rahmati Allah ;) @FasilkomUI_2014
Selamat tahun baru Islam 1436 H sobat fukis. Semoga setiap jejak langkah kita di dunia selalu di rahmati Allah ;) @Angklung2013 @anak_astro
Selamat tahun baru Islam 1436 H sobat fukis. Semoga setiap jejak langkah kita di dunia selalu di rahmati Allah ;) @Kawung2011
Ya Allah jadikanlah awal thn ini perbaikan, pertengahannya kegembiraan & akhirnya kesuksesan bagi kehidupan kami. Aamiin ya Robbal 'alamiin
Wassalamu'alaikum Wr.Wb ;)

Blogger Tricks

#Kultwit #Bersyukur by @salamui

“Dan Allah akan memberi balasan dan menambah nikmat-Nya kepada orang-orang yang bersyukur.” Q.S Ali Imran: 144 #Bersyukur
1. Malam ini Salam akan membahas seputar #Bersyukur :)
2. Kata #Bersyukur pasti sudah tidak asing lagi didengar bukan? Semua orang tahu bahwa manusia harus selalu #Bersyukur, betul bukan?
3. #Bersyukur itu bisa dikatakan sederhana, tapi dalam praktek di kehidupan sehari-hari seringkali kita terlena dan jauh dari rasa bersyukur
4. Apakah #Bersyukur itu cukup dengan ucapan? Tentu tidak sobat,

5. Pernah dengar kalimat seperti ini “Aku selalu bersyukur kok, tapi nyatanya hidupku hanya begini-begini saja” #Bersyukur
6. Wah, kalau seperti kalimat tersebut benar gak ya makna #Bersyukur itu?
7. Kalau #Bersyukur ketika mendapatkan sesuatu yang di inginkan, itu wajar dan semua orang pasti bisa melakukannya. Tapi,
8. #Bersyukur yang sebenarnya adalah ketika kita mendapatkan kesulitan, kesedihan, senang, dalam keadaan apapun tetap terucap kalimat syukur
9. ..hati selalu tenang dan melaluinya dengan sungguh-sungguh. #Bersyukur

10. Ternyata #Bersyukur itu tidak sekedar dalam ucapan, tapi juga dalam hati. Karna, hati kita juga yang akan menentukan perbuatan kita.
11. Jika hati kita baik maka baik pula seluruh amal kita: Rasulullah saw. bersabda, Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging
12. apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. -c-
13. Gumpalan daging itu adalah hati. (HR Imam Al-Bukhari) #Bersyukur
14. Lalu, seperti apa sih orang yang tidak #Bersyukur? Diantaranya adalah ...

15. Pertama, suka mengeluh. Semua jenis keluhan, entah itu diutarakan dengan bercanda maupun serius. #Bersyukur
16. Dan tidak hanya meliputi keluhan terhadap kondisi diri sendiri, tapi juga keluhan terhadap kondisi lingkungan, masyarakat, dan Negara
17. Misalnya: mengeluh tentang harga barang yang makin mahal, mengeluh tentang penghasilan yang kecil, -c- #Bersyukur
18. mengeluh tentang negara yang makin kacau, tentang resesi ekonomi, tentang bencana, tentang apapun, di sekitar kita. #Bersyukur
19. Karna, Keluhan itu berbahaya akan membuat kita lupa pada kondisi sebaliknya. Keseringan mengeluh akan mengubah cara pandang kita.

20. Kedua, suka mengecil-ngecilkan nikmat yang telah Allah berikan. Misalnya, berkata “Ah, gajiku sih kecil”, “Ayo kita makan seadanya saja”
21. atau “Ah, biasa saja.. Rumahku kan gubug ini, lain dengan rumahmu” #Bersyukur
22. Mungkin kalimat-kalimat tadi bagian dari budaya kita, untuk merendah, tidak sombong, tapi jika perkataan ini sering diucapkan,#Bersyukur
23. sehingga tidak lagi bisa membedakan antara hanya sekedar basa-basi dengan yang sebenarnya dirasakan. #Bersyukur
24. Padahal sebenarnya, tidak ada suatupun di dunia ini yang merupakan sesuatu yang kecil. #Bersyukur
25. Uang 5 perakpun seandainya tidak diberikan oleh Allah, kita tidak akan bisa memilikinya. #Bersyukur
26. “Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari ni'mat-Ku.”
27. Kutipan tadi merupakan arti dari Qur'an surah Al Baqarah:152 #Bersyukur

28. Ketiga, kikir. Kikir adalah orang yang merasa bahwa yang dia miliki masih kecil jumlahnya, #Bersyukur
29. sehingga tidak mau berbagi atau sulit berpisah dengannya, ada rasa khawatir, cemas, dan takut tidak akan mendapatkan lagi, #Bersyukur
30. sehingga merasa harus menyimpan untuk diri sendiri. #Bersyukur
31. Cara berpikir kikir sungguh berbahaya, lebih berbahaya dari suka mengeluh, karena tersimpan rasa tidak adanya terima kasih pada Allah,
32. serta rasa tidak percaya akan pertolongan dan kekuasaan Allah, orang seperti ini bisa dikategorikan kedalam kufur dan kafir. #Bersyukur
33. "Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, -c-
34. dan yang menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka…” Q.S An-Nisa': 36-37 #Bersyukur

35. Keempat, menginginkan apa yang menjadi milik orang lain. Tidak pernah puas dengan apa yang telah dimiliki. #Bersyukur
36. Inginya semua yang dimiliki orang lain, ingin dimiliki juga. Entah itu harta, kemampuan, dsb. #Bersyukur
37. Padahal, Allah sudah berfirman dalam Qur'an surat Ibrahim ayat 7 #Bersyukur
38. "Dan ingatlah tatkala Tuhanmu berjanji kepadamu: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah ni'mat-Ku kepadamu...”
39. sudah dijanjikan oleh Allah, bagi yang #Bersyukur maka akan terbuka pintu-pintu rizki dalam bentuk apapun itu.
40. Sekian, untuk sobat Salam yang mau berbagi tentang #Bersyukur silahkan. Ajak teman-teman mu untuk tetap #Bersyukur ya

Smart and Calm in SocMed

Ini konten yang dibuat saat pengumpulan artikel di Nol Derajat edisi 2 Mei lalu.

Social Media, sebuah makhluk virtual yang paling menggiurkan dalam keseharian kita, apalagi mahasiswa  Fasilkom yang hampir tiap hari bersentuhan dengan komputer/laptop dan tentunya terkoneksi ke internet. Ngomongin social media, informasi yang berseliweran di social media. Kita kerap menemui kebingungan dengan keberadaannya, mendadak muncul berbagai berita sesuai isu yang lagi ramai, namun kebenarannya agak membingungkan, apalagi jika terkait dengan perang, politik, hingga sentimen kehidupan sosial, mana bawa-bawa agama Islam.

CROSS CHECK
Ada kalanya (atau malah ya) berita yang bertebaran di internet, sifatnya provokatif walaupun di satu sisi merupakan ajakan untuk membela Islam. Maka selalu lakukan cross-check terhadap berita yang ada sebelum kita ikut menyebarkannya. Misalnya ada kabar seorang tokoh yang katanya mengusulkan penggusuran masjid, nah coba cari informasi yang tidak hanya satu sumber tentang kebenaran isu ini.

BERHATI-HATI
Saking lebih sering bertemu di social media, tidak jarang kita justru lebih sering berantem dengan kawan kita di social media dan itu gara-gara urusan sepele, misalnya menanggapi informasi yang di-share. Mari kita awali dari diri sendiri, yaitu berhati-hati dalam menyebarkan informasi. Selain itu, berhati-hatilah pula dalam menanggapi pendapat orang lain.

MEMOTIVASI UNTUK LEBIH MENDALAMI ISLAM
Biasanya menjelang Ramadhan, timeline socmed akan ramai mengulas seputar rokaat dalam Tarawih dan Witir. Ada yang bersikap masa bodoh, ada yang makin bingung. Yang paling gawat adalah yang malah menyalahkan ketidakseragamnya Islam, kenapa tahu-tahu malah menyalahkan ya?? Tentu akan lebih baik ketika momen tersebut menjadi kesempatan bagi kita untuk lebih mendalami Islam, tentunya dari sumber yang lebih valid.

MENGHINDARI DEBAT

Sebagai mahasiswa Fasilkom (yang tentu intelektual) tidak jarang kita terjebak dalam debat yang tidak berujung. Gengsi dan rasa tidak mau kalah membuat debat di media sosial menjadi candu. Padahal manfaat pun tidak ada :v. So...KEEP CALM and BE GOOD MUSLIM(AH) IN SOCMED

Asyiknya Powerpoint

Beberapa hari lalu menjelang sebuah event dimana saya menjadi PIC perancangan segala macam desain dan publikasi, rekan yang bertugas melakukan proses percetakan meminta versi .psd ataupun .cdr dari desain yang saya buat. Nah, di situlah dia terkejut dengan pertanyaan balik saya "adanya powerpoint gimana?". Balasan berupa statement "wuihh" menjadi respon yang memang bukan respon yang aneh karena kerap saya dengarkan ketika orang lain tahu segala melakukan proses designing mempergunakan Microsoft Powerpoint, sebuah aplikasi sebenarnya dipakai untuk membuat tampilan presentasi. Memang hasilnya berupa desain yang visual, walau demikian sangat jarang ada yang memakai sebagai media design poster, pamflet, dll.

Kebiasaan ini dimulai dari era SMA, saat itu komputer di rumah saya spek/spesifikasinya tidak terlalu muluk-muluk sehingga tidak banyak yang di-install di situ. Di tengah keterbatasan tersebut, saya gemar mengutak-atik (lebih tepatnya belajar tanpa arah kurikulum yang jelas) aplikasi Microsoft Powerpoint. Sangat penasaran karena dulu kursus komputer hanya sampai Excel. Eh ternyata ketagihan juga. Tentunya yang paling spesial adalah membuat presentasi profil para anggota GaNas saat upacara purnabakti 2008. Dan ketika diberi amanat mempunyai laptop sendiri, kebiasaan memakai Powerpoint makin menjadi, plus saya menyadari bahwa ada Print Screen untuk meng-capture hasil gambar di monitor.

Fitur terbatas, tapi asyik kok (ini ngeles apa ngeyel ya?wwkwk)

Jika ditanya apakah sempat mempergunakan Corel maupun Powerpoint, maka jawabannya pernah. Walau demikian, saya mengakui tidak mahir bermain-main dengan aplikasi tersebut, termasuk dari sisi RAM laptop yang kecil sehingga keterbatasan tersebut menempatkan saya untuk main terbiasa membuka Powerpoint untuk urusan desain. Kloplah keterbatasan sebagai pangkal saya asyik ber-Powerpoint. Karena itulah, jika diperhatikan, desain yang saya buat selama di Depkominfo 2009 dan 2010 plus BPH HMIF 2011 tidak muluk-muluk agak tampak terpaku pada pola "kotak". Seolah-olah tidak ada keberanian bermain-main dengan efek yang eksploratif. Hehee, itulah saya yang cuma bisa garuk-garuk  kepala jika diminta untuk mengajari desain. Lha wong aku yo cupu tenan yo...

Uniknya saat kerja, saya justru bertemu dengan seseorang bernama Riyanto, yang kece banget untuk urusan desain, terutama karakter perfeksionisnya dalam ber-Powerpoint. Terus terang saya minder kalau adu argumen desain dengan dia. Karakter khas yang jadi ciri dari dia adalah simplikasi dan minimalisnya desain. Entah kenapa walau sederhana namun kesan "pas porsinya" langsung ditangkap. Kebetulan pula, di FUKI, LDF-nya Fasilkom UI, di Biro Media tepatnya, spirit desain yang digusung terkait branding-nya adalah kesederhana. Desain karya anak-anak FUKI tidak mengumbar berbagai efek yang bombastis, cenderung rapih dan bersih. Kebetulan PIC urusan standardisasinya sangat telitiiiii banget. Nah dua faktor itulah yang membuat saya makin asyik dengan kesederhanaan membuat desain. Dalam hal ini, saya terus mengalami kesulitan dalam keterbatasan membuat desain di Powerpoint, namun di sisi lainnya saya makin asyik dengan gagasan desain sederhana yang pas banget dengan fitur yang tersedia di Powerpoint.

Contoh desain simpel yang bagus banget ala FUKI (bukan buatan saya :p)


Harus diakui bahwa produk desain memiliki sifat black-box, artinya orang lain akan masa bodo dengna peralatan yang dipakai, yang penting itu hasilnya. Maka, saya juga nggak terlalu ambil pusing jika dikatakan cupu karena lagi-lagi Powerpoint, lagi-lagi Powerpoint. Toh, yang utama, saya asyik dengan ruang kreasi yang penuh kesederhanaan di dalam Powerpoint :)

Fungsi Rumah

noted

Happy JOTA-JOTI Telkom University

Ceritanya Kamis dan Jumat lalu takjub melihat kegesitan mahasiswa Unitel yang kut UKM Pramuka dalam menyiapkan JOTA-JOTI. Event yang tahun kemarin alfa terselenggara, padahal sudah sempat rutin tahunan digalang pada 2011 dan 2012. Eh, tahun 2014 ini ada *yeeyyyy


Kebetulan Sabtu pagi hingga sore ada agenda di Depok dan dilanjut ke Bandung maghribnya. Di tengah perjalanan buka FB, dan wuihhh acra JOTA-JOTI-nya masih berlangsung. Eh, bentar kenapa nggak sekalian aja mampir. Hehee...


Akhirnya memapirkan diri di Sabtu malam (walau injury time) serta Minggu siang pasca Escalation Project. Kece bangetlah kesiapannya yang walau mendadak tapi rapih dan patut diapresiasi. Salut buat mereka yang sangattttt ramah, bahkan ke sosok yang ujug-ujug dateng macam saya hehee.



Salam Pramuka :)

Kiwami Escalation

Ketidaksia-siaan akan dituai di jalan-Nya
Bukan manis ataukah pahit hasil
Namun tentang lajur keridhoan yang kita pilih

Sungguh baru kali ini semerinding ini
Bukan tentang panjang pendek tapi mengapa jemari yang bergetar
Bukan tentang salah ucap tapi tentang idealisme "jangan menjanjikan yang tak bisa ditepati"
Bukan akhir karena saujana itu pun samar rupanya

Sungguh biar Allah yang menjawab
Maha Sutradara yang menguasai batin
Muara segala kening yang bersujud dan telapak yang mengiba dalam doa

Yuk Jadi Aktor di bidang ICT

Technopreneur
Bayangin bisa bisnis aplikasi buatan sendiri ataupun tim sendiri yang isinya tentang Islam lalu banyak orang yang mempergunakannya dan itu memberi manfaat besar bagi mereka. Subhanallah, you're businessman with barokah. Nah, jangan cuma dibayangin nih, ayo wujudkan :D

Ikut lomba IT
Ngoding buat dapet nilai kuliah tentu sudah biasa. Ngoding buat menang lomba? Subhanallah kerennya. Tentu bakal membanggakan orang tua dan almamater. Sebagai sesama muslim tentu kita akan bangga jika ada saudara berprestasi dalam lomba IT. Ini akan memacu saudara-saudara muslim lainnya untuk ikut berprestasi di lomba IT.

Content creator
Di internet katanya yang berseliweran itu kontennya nggak sesuai ama agama. OK, stop berkeluh kesah. Punya bakat menulis? Tulislah pengetahuanmu tentang Islam dan sebarkan di internet. Punya bakat ngedesain, ngomik, ataupun infografis? Ayo bikin karya kreatif yang berisi ajakan kebaikan di jalan Islam dan sebarkan juga di internet. Nggak bakalan nyesel deh bisa ikut bikin meramaikan internet dengan sajian berkualitas dan Islami.


Dakwah yang paling mujarab adalah dengan memberi teladan. Maka jadilah muslim yang berdakwah mampu menjadi teladan lewat karya-karya di bidang IT

Reasoning

Waktu kita terbatas...hanya 24 jam..
Fisik kita pun terbatas...hanya sepasang tangan, sepasang kaki, satu otak, sepasang mata...itu pun memiliki daya batas dalam beraktivitas
Maka pandai-pandailah memilih prioritas
Prioritas itu bukan tentang berlomba menjadi yang terhebat, tapi bermanfaat dan mendekatkan diri kepada-Nya

Jangan mengejar kepuasan orang lain
Karena orang lain itu tidak lebih tahu yang terbaik
Dan yang paling utama, bisa saja menggeser hakikat kita dalam beribadah

Kesimpulannya:
1. Ukurlah kemampuan diri
2. Mampu tidak mampu, pastikan hanya Allah alasan utama dan ikhlas sebagai sarananya
3. Jangan lelah memperbaiki diri

Happy Blue (print) Tuesday