tentang Cita-Cita yang Biarkanlah Mengalir

Saya punya cita-cita yang tidak sederhana. Karena ketidaksederhanaannya itulah, saya tidak memaksakan diri untuk mewujudkannya, bisa tercapai sebagian sebagaimana saat ini pun sudah cukup. Cita-cita itu adalah mengunjungi seluruh provinsi di Indonesia. Bukan perkara mudah tentunya karena Indonesia punya 34 provinsi yang mementang jauh di 13.000 s.d. 17.000 pulau.

Sejauh ini saya baru menyelesaikan separuh lebih sedikit, yaitu 18 provinsi. Tentu yang sudah 'sapu bersih' adalah 6 provinsi di Pulau Jawa. Faktor ekonomi tidak bisa dipungkiri menjadi pengganjal, tapi pengganjal yang menarik. Jika terlalu murah, tentu jadi kurang bermakna asyik tatkala Allah memberi saya durasi usia yang memungkinkan seluruh provinsi dikunjungi.

Jambi, Riau, Bengkulu, Bangka-Belitung, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah. Itulah 16 provinsi yang belum pernah saya injakkan kaki di sana. Semoga ada kesempatan, baik dalam rangka liburan amaupun urusan akademik atau profesi.

Yang jadi bidikan terdekat adalah Bangka-Belitung, konon pesona pantainya kece. Selain itu, saya tertarik pula ke Papua selaku provinsi yang paling awal merasakan cahaya matahari di Indonesia.

No Response to "tentang Cita-Cita yang Biarkanlah Mengalir"