KimiA,, my hidden inspiration

Kimia, tahu kimia??wat jebolan SmartSLavia(SMA N 1 Slawi) pasti langsung ignet m pak Budi Solichin, pak Sapto Sri Nugroho..haha...it's okee...atau malah terbayang semua memori indah yang bertajuk "remidi"...

sedikit share tentang sebuah pelajaran hidup masa lalu (yg membekas ampe sekarang) dari sebuah pelajaran SMA..

Kimia..aku masih inget ketika pertama kali dapet pelajaran kimia di kelas X.3.. atom, senyawa, dan apapun itu istilah yg masih bisa dihafal..namun perlahan tapi pasti berbagai istilah dari planet namec menjejali hari-hariku..kovalen, polar, ionik, rangkap polar, Ar, Mr, .,..akkhhhfhfhfhgg...tidak...

bahkan kringat dingin jadi pewangi di ruang ujian itu...rasanya batin ini selalu mencoba menerawang dari berbagai sudut tiap soalnya...sungguh ini pelajaran yang angelehi(baca: ah njelehi)..ya saudara muda nya fiska emang gini..tapi entah mengapa ada firasat yang mengatakan untuk "kenalilah kimia"..

awal kebangkitan itu dimulai dari fenomena Bilangan Oksidasi(bilox).. waktu ntu jujur agak penasaran ni maksudnya apa sih??kok angkanya bisa +4, +3, trus kok ada aturan macem2 ga jelas(lebih tepatnya belum tahu)..saya pun menyimpan LKS kelas X saya lho...ahahah...rajin bener dah...

((mohon maaf kalo ada yang tersinggung, ini tidak maksud mencela, tapi saling memberi pelajaran hidup))
kondisi kelas emang saat itu tidak kondusif kalau guru tidak masuk, termasuk guru kimia..kelas gaduh, semua blarakan ga jelas petakilan sana sini..termasuk saya...di sinilah saya terus terang minder dengan pemahaman saya yang dangkal..padahal di kelas lain wuihhh...pemahaman kimianya dasyat n udah nyambe bab bab selanjutnya..
sabarlah nak..hidup emang kejam...wkwkwk..

saya juga masih inget rekan saya di X.3 si Ridho Mardhotillah yang ngajak saya belajar bareng di tengah badai kelas..slow but not sure kimia jadi santapan yang saya lahap lantaran saking minatnya ke IPA(bio insyALLah, fisika surem, matematik bureng, trus??)..kondisi makin mencekam menjelang semesteran..ya..apa itu ikatan karbon??sekelas bureng..apa itu isomer??sekelas mingkem...

dari situlah otodidak plus tanya ke kelas lain jadi pengobatan alternatif..
oh ya saya masih inget beli buku kimia kecil ukuran sepertiga A4 tebelnya kayak kaset tape recorder..tahukah anda mengapa saya beli buku itu???karena ada pembahasan plus diertai logo tentang BENZENA...dari situlah saya berkata dalam hati "kimia, akan saya taklukan"...inilah titik balik dan awal kebangkitan saya..karena itulah saya sering memakai simbol Benzena...

singkat kata alhamdulillah saya masuk IPA..jreng...IPA 3 bersama orang2 gila...macam esa, andri, ipunk, azer, faris, tri, waweng, ilham, break, dll.. di sinilah saya juga mulai ber"taaruf" dengan yang namanya Entalphy...itulah yang lambangnya segitiga H..
dari situ pula saya diajak rekan saja, sebut saja "Arief" ikut yang namanya MOSI, klo dia milih astronomi, saya milih Kimia, kenapa ada dua alesan, pertama "saya penasaran pengin menghajar kimia saking gemesnya", kedua ada panggilan "hati"...eh ada lagi dink, berarti tiga alesan, yaitu dibujuk rayuan gombal kakak kelas saya, sebut saja "Deka" wat ikut kimia, kebetulan dia jebolan tingkat kabupaten cabang kimia..ditawarin pula kumpulan soal2 kimia..dan saya putuskan saya ikut MOSI Kimia..

begitu ngadepin soal2 seleksi 3 kali di SMA wuihhh...menciut sekejap nyali ini...bener2 dah..soal2 yg antaberantah untuk dijawab oleh seroang r5..tibalah saatnya pengumuman tingkat SMA..dan saya baca dari bawah..kok nama saya ga ada y??sampei kemudian di sebuah baris "2. Arfive Gandhi"....ngekkk???saya kok lolos??entah panitia salah tulis atau gimana..ALLah Maha Pemberi Rezeki, termasuk menghilangkan "im" pada kata "impossible"...

jujur saya agak risih dengan keheranan(lebih tepatnya ketidakpercayaan) dengan kapasitas saya yang emang ga saya pungkiri "ga berpengalaman"...

dan itu jadi beban mental tersendiri buat saya..sampai H-1 seleksi tingkat kabupaten saya masih diliputi keraguan bisa tidaknya membuktikan kalau "saya pantas mewakili almamater saya"..

ditemani beban setumpuk awan, seleksi berlalu, berbagai perandaian menghantui...enyahkan sajalah..toh, aku udah berusaha..dua pekan pasca seleksi akhirnya dikabarin dapet peringkat 2 tingkat kabupaten...subhanALLah...sekali lagi terbukti keagunganNya..semua bisikan pesimis itu meredup...tapi kekhawatiran baru datang..y ALLah jauhkanlah hamba dari kesombongna dan kelenaan..

namun kimia tidak selamanya memberi kenangan manis, sebuah kenangan pahit pun musti kujilati lantaran tanganku sendiri...lantaran terlalu mendalami kimia aku harus alfa sebagai panitia perpisahan kelas XII 2007 ....dan tak lama berselang aib itu nongol..nilei semester 4 pelajkarn kimi saya hanya 72 dari standar 68..rangking 3 di semester 3 pun diikuti angka 2 alias jadi rnagking 32 dari 46 kontestan XII.IPA3..y..kimia sekali lagi mengajarkan saya betapa hidup ini tidak ada jaminan aman apabila kita lengah...

FYI=saya ga lolos seleksi tingkat provinsi..T_T...nice try...

dan menanjak ke kelas XII.IPA3...kimia jadi inspirasi saya dalam memahami integral, kinetika, hukum lorentz dll...bahkan saya bercita-cita ingin jadi ahli kimia, tak hanya niat, pendaftaran UNDIP pun saya letakkan teknik kimia di pilihan pertama..

sekali lagi kekuasaan ALLah tak hanya di yang nampak, tapi mampu menerobos ke hati..haluan saya berpindah(lebih tepatnya kembali ke cita-cita sewaktu SMA), yaitu jadi ahli komputer,,,n akhirnya saya putuskan sendiri tanpa paksaan, saya melanjutkan pengembaraan ilmu k S1 Teknik Informatika IT Telkom...

apapun yang menjadi torehan hidup..pelajaran berharga dari KIMIA adalah my hidden inspiration..itulah mengapa saya sering pakai istilah kimia, termasuk motto hidup saya yg baru, yaitu

KALAU MANUSIA ITU CARBON, MAKA INTERAKSI ANTARMANUSIA ITULAH YANG AKAN MENJADI MANUSIA ITU SEPERTI INTAN ATAUKAH ARANG

makasih banget wat tetangga plus kawan SMA ku Fikri Fahmi, kemudian kakak kelasku Andeka Tris Susanto, yang dah mau nunjukin apa itu kimia...wat Fikri, saya masih inget waktu diskusi memahami bedanya kovalen non-polar ama kovalen polar..wat mas Deka, matur nuwun dah mbujuk saya ikut MOSI tingkat SMA d cabang kimia plus ngasihin kumpulan soal..wuih...ilmu masih cetek dah nantangin soal2 olimpiade tingkat provinsi+kabupaten... .::.hammer.::.
makasih juga buat M. Masykur yang dah ngasih support ke saya..walo ujung2ny dua orang pecinta kimia ini murtad ke dunia komputer(Masykur sekarang nglanjutin k S1 Ilmu Komputer UI)...kemudian Sekar n Relly yang dah jadi teman belajar kimia saya selama seleksi..
makasih juga buat bapak Sumarto yang ngenalin saya ke kimia, bu Tuti Purwaningsih yang ngasih support saat ta'aruf ke yang namanya Asam-Basa, bapak Budi Solichin yang dengan humor n supelnya ngasih dukungan moral untuk lulus UN, Bapak Sapto Sri Nugroho yang di saat seleksi provinsi malah ngajak sharing tentang politik n kehidupan riil, trutama fenomena pendidikan di SMA1Slawi..

dan tentunya yang paling utama terimakasih ya ALLAH yang telah menerangi gelapku..tak terasa perlahan tapi pasti batin ini menyelami kimia,

r5

No Response to "KimiA,, my hidden inspiration"