Customization Kaderisasi

Kaderisasi itu hal yang wajib adalah sebuah organisasi kampus. Hukumnya mutlak.

Namun kesalahan yang sering terjadi adal;ah melaksanakan kaderisasi dengan berpedoman pada egoisme sebuah sudut pandang pribadi, sehingga segala efek yang terjadi dianggap sebagai pembenaran.

Dan kaderisasi dilaksanakan seenaknya tanpa menyadari identitas kampus tersebut, sehingga kader yang dihasilkan setengah matang. Kader "masih mentah" ini secara softskill bagus tapi dia terlalu idealis dan kehilangan identitasnya dalam bidang disiplin ilmu. Ibaratnya anak IF yang pinter ngomong tapi ngoding kalah dengan anak SMK dan analisis algoritmanya dipecundangi mahasiswa tahun pertama. Alhasil "stok" agen perubahan bangsa ini justru hilang arah di dunia kerja. Di sisi lain konsep kaderisasi yang bersifat "zombie" (karena sudah dimatikan nalar akademiknya) justru menciptakan jurang antara mereka yang gemar akademik dengan yang akademiknya terhambat. Dunia kaderisasi pun dikerubuti orang yang "merasa" keropos pemahaman kuliahnya dan mereka yang pemahaman kuliahnya lebih jelas justru antipati terhadap kaderisasi dan segala tetek bengeknya.

Solusinya bagaimana?

Lakukanlah customization konsep kaderisasi sesuai dengan disiplin ilmu, carilah sumber/referensi mengenai kebutuhan dunia kerja terkait disiplin ilmu.

No Response to "Customization Kaderisasi"