Review LiTIK Pekan 5

Pagi ini berbagi inspirasi tentang kriteria evaluasi informasi dan pencarian informasi
Saya mengambil contoh blog pribadi yg kece milik bang @wirawan winarto dan @wiranurmansyah sebagai contoh relevansi blog terhadap topik tertentu



Kuliah sesi ini diawali dengan pengenalan terminologi yang mirip fan familiar dengan keseharian akademisi, yaitu data, informasi, dan pengetahuan. Ketiganya beserta wisdom merupakan komponen hierarki  D-I-K-W. Mahasiswa yang berkecimpung di urusan per-TIK-an patut mengetahui perbedaannya. Contoh berupa publikasi statistik dari Badan Pusat Statistik dapat digunakan sebagai identifiasi dimana letak perbedaannya. 

Selanjutnya ulasan bergeser ke topik hal-hal yangdipertimbangkan dalam mengevaluasi informasi, yaitu authority, relevancy, quality, bias, serta timeliness. Jujur, hal-hal ini sangat identik dengan dimensi-dimensi kualitas informasi, misalnya reputasi, keterkinian, kelengkapan, konsistensi, dll. Alhamdulillah di sela-sela waktu tidak luang, saya sempat mengumpulkan beberapa potongan webpage yang layak menjadi contoh dari kelima hal tadi. Beberapa memang agak nyentrik, tapi saya menempatkannya dari kacamata akademik.

Untuk sesi "ceramah" saya hanya melahap 30-an menit. Selanjutnya, peserta kelas dibagi ke dalam 4 kelompok untuk menjalankan proses Diskusi Terpumpun alias FGD. Empat kelompok ini mewakili empat metode pencarian informasi, yaitu model Kulthau, model Alberta Inquiry, model Big Six, serta model FLIP. Lantas, masing-masing mengobrolkan sebuah metode pencarian informasi dan menyimulasikannya berdasarkan topik tertentu.

Salut kpd kreativitas kalian

No Response to "Review LiTIK Pekan 5"