Review of SPIS 2nd Session

Ulasan tentang PSSI dua pekan lalu mulai 'keras' karena saya harus banyak menyuguhkan contoh-contoh konkret situasi SI/TI di beberapa perusahaan. Bekal pengetahuan ataupun pengalaman terkait ekosistem SI/TI, baik di pemerintahan maupun organisasi swasta relatif membantu. Saya sebut relatif karena mahasiswa yang saya ajar tidak semuanya punya pengalaman KP yang luas, atau bahkan pengalaman kerja secara langsung. Di awal sesi saya memaparkan kondisi dinamis organisasi yang dipengaruhi berbagai hal seperti situasi politik, hingga kultur manusia di dalamnya. Selanjutnya saya mengajak para mahasiswa 'berkenalan' dengan berbagai fenomena 'ajaib' pegawai unit SI/TI yang tidak terbayang saat kuliah, mulai dari palugada hingga dianggap alien.

Analisis struktur Direktorat Sistem Informasi di Telkom University

Tantangan semakin menanjak ketika harus memaparkan beragamnya 'nasib' unit SI/TI di berbagai studi kasus organisasi. Ada yang mendapatkan kasih sayang dari jajaran direksi, namun ada yang mirip seperti lagu 'Kekasih yang tak Dianggap. Di bagian ini sesekali saya menyimulasikan dialog-dialog untuk mengilustrasikan bagaimana proses koordinasi atara direksi, unit SI/TI, serta unit lainnya. Proses simulasi/ilustrasi ini juga menjadi jurus saya untuk mendeskripsikan bagaimana cara kerjanya organisasi/forum bernama IT Steering Commitee, kosakata yang tampaknya terlalu asing bagi mahasiswa S1.

Etdaah makhluk apa ITSC itu...

Terakhir saya megimpor konseptual pembentukan sasaran strategis dalam organisasi. Ini adalah materi kuliah yang sangat tidak IF, ya iyalah, ini kan arahnya ke manajemen. Hehee

No Response to "Review of SPIS 2nd Session"