Kemerdekaan yang Gagal

Sebagaimana saya duga, kemerdekaan Catalan kurang [atau bahkan belum] memperoleh dukungan dari negara lain. Artinya, syarat kemerdekaan sebuah negara gagal dipenuhi secara de jure atau hukum. Jelas sebuah kerugian yang telak bagi eksistensi negara yang wilayahnya berasal dari provinsi dengan nama sama di negara Spanyol. Pukulan telak yang dalam hati saya akui tampak tidak dipersiapkan sama sekali oleh pergerakan kemerdekaan Catalan.

Harus diakui bahwa upaya kemerdekaan Catalan dilatarbelakangi tiga hal. Pertama urusan budaya yang dianggap terlalu beda, jelas alasan yang tidak akan bisa dimengerti oleh masyarakat Indonesia yang sejak lahir sudah mengenyam indahnya keragaman. Alasan kedua tentang ekonomi. Ya, kontribusi provinsi Catalan bagi ekonomi Spanyol mencapai seperlimanya, artinya mereka punya basis kekuatan ekonomiyang relatif kuat, wajar jika mereka optimis membentuk negara dengan pemerintahan tersediri. Yang ketiga tentunya 'dendam' masa lalu dimana pemerintah pusat identik dengan sejarah pengekangan.

Upaya kemerdekaan ini praktis hanya dibumbui bentrokan antara pendukung kemerdekaan dengan polisi dalam momen demonstrasi. Praktis tidak terdengar adalah pelanggaran HAM kelas berat ataupun kekerasan yang sistematis, masif, dan terencana. Berdasarkan pengalaman proses lepasnya Kroasia, Slovenia, hingga Kosovo dari Yugoslavia, memang patut diakui bahwa negera-negara lain bakal cepat iba ketika tersaji penyerangan.

Dari sisi ekonomi pun negara-negara lain, khususnya di kawasan benua Eropa, tidak berani ambil risiko dengan mendukung kemerdekaan Catalan. Terlalu berisiko dengan Catalan merdeka, lantas Spanyol goyah perekonomiannya. Agaknya konflik antara pemerintah pusat yang berbasis di Madrid dengan pergerakan separtis di lokal Barcelona. Alhasil, negara-negara memilih bermain aman.

Indonesia sendiri sepertinya memberikan sikap tidak mengakui kemerdekaan Catalan dengan pertimbangan tersendiri. Pertimbangan ini berupa solidaritas kepada Spanyol atas negara yang tengah terancam gerakan separatis. Situasi wajar yang didukung kenyataan bahwa provinsi Catalan tidak mengalami situasi yang berbahaya/tindakan militer serta banyak aspek legal yang masih meragukan atas kemerdekaan tersebut

No Response to "Kemerdekaan yang Gagal"