Posesivitas BUdaya

headline koran dan berita beberapa hari ini temanya mengerucut ke sebuah tema, “(lagi)Plagiat Kebudayaan Indonesia oleh tetangga”...hmm...udah berapa kali y kasus kayak gini?? Coba dech kita kilas balik sejak jaman bahola ntu udah berapa kebudayaan yang diklaim milik negara tetangga kita, Malaysia????

Batik tulis khas Nusantara diklaim oleh mereka pada pertengahan dekade 2000-an. perasaan kota batik ntu pekalongan, bukan johor ataupun penang ataupun selangor. Padahal wat bikin selembar kain batik tulis repotnya minta ampun, mungkin g beda jauh ama coding ratusan function. Kebayang kan perasaan para pengrajin batik yang denger “kata-kata sok ngaku” negeri tetangga. Kita ga nglarang manusia manapun pake batik, malah kita bangga banget kalo ada turis pake batik(kayak waktu Zidane pake batik maen k Indonesia)tapi yang ga kita pengin ada yang ngaku-ngaku kalo batik adalah kebudayaan mereka, bukan kebudayaan kita.

tari reog ponorogo, padahal udah jelas ada kata “ponorogo”, dan sedunia ini Cuma ada satu ponorogo, yaitu di Jawa Timur, tapi emang orang luar lebih cerdik, namanya diganti “tari barong UMNO”...hmm kerasa banget tuch, slaen mngklaim budaya orang, ada juga unsur pemaksaan suatu pandangan politik...

lagu rasa sayange...wah wah, padahal logat malaysia ntu “e”, bukannya “è” tapi diaku-aku juga...emangnya di Sdnya mereka diajari gitu lagu ini??klo SD d Indonesia mah ada...hayoo..jadi yang punya sebenarnya siapa???

dan yang masih anget-angetnya panas-panasny tari pendet...

Emang sih budaya indonesia n malaysia ntu banyak yang mirip karena sama-sama berakar dari melayu, tapi yang namanya mirip ya pasti beda. Kan udah ada namanya, daerah asalnya, masa asal maen comot, apa mentang-mentang “Malaysia Truly Asia” lebih mentereng ketimbang “Indonesian Visit”???
Jangankan negeri lain, antar provinsi di Indonesia saja belum ada ceritanya rebutan hak milik tarian
Banyak demo di depan kedubes malaysia,..., bahkan banyak blog maki-maki sesama negara ASEAN yg satu ini...apakah megaproyek “ganyang malaysia” a ala orde lama terulang kembali??

Namun kita juga mesti ngaca...

Apkah kita yang hanya bisa protes m pengklaiman budaya itu, tapi ktia sendiri ogah-ogahan bangga dengna budaya ntu

Coba deh, kalo g ada aturan pemakaian batik tiap jumat sabtu, apa kita bangga pake batik slaen buat kondangan???

Kalo ga ada UKM-UKM kebudayaan apa kita masih bisa maen alat musik daerah ataupun lincah nari tarian daerah??Apa kita masih hafal lirik lagu daerah??

Bahkan dalam bahasa derah yang mempunyai unggah-ungguh(kesopanan dalam perilaku berbahasa) pun kita tidak mengetahui penggunaan kata-kata halus kepada yang lebih dihormati, padahl bahasa ntu y kebudayaan juga lho...

Nah lho,...jangna-jangan gara-gara kita meremehkan bin g bangga, tetangga kita jadi bertingkah kayak gitu tapi malah kita yang ngataen mereka yang g tahu diri n mendzalimi kita...

apa sih solusi wat koflik di atas sebeerny???
egokah???mengalahkah???

No Response to "Posesivitas BUdaya"