PROGRAM KERJA SEMESTER KEDUA DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI

Menteri Komunikasi dan Informasi = Rico Julian 114070065
Ditjen Propaganda
Dirjen = Jati Ridho Indrawan 113070051
Staf =

  1. Arfive Gandhi 113080011
  2. Lariska Ismiyana F. 113071042
  3. Rahayu Ramadhani 111080218

Ditjen Media Informasi
Dirjen= Aprillia Sherly Kusuma W. 613081013
  1. Muhammad Fazlur Rachman 111070135
  2. Putri Dwi Noor R.S. 113080211
  3. Yulian Aryanti 111080064

===============================================

DESKRIPSI KERJA
1. Ditjen Propaganda
a. Mempropagandakan isu internal dan eksternal kampus kepada mahasiswa

2. Ditjen Media Informasi
a. Mensosialisasikan kegiatan BEM kepada mahasiswa
b. Bertanggung jawab terhadap media pers BEM
c. Memberikan informasi valid yang berhubungan dengan kebijakan rektorat
d. Mengadakan surat kabar di Student Centre

==============================================

PROGRAM KERJA

A. DITJEN PROPAGANDA

1. Propaganda Isu dan Media Tanggapan
Mempropagandakan isu-isu aktual yang sedang berkembang, baik di internal maupun eksternal kampus. Media yang digunakan antara lain, poster, flayer, maupun media jejaring friendster, facebook, student IT Telkom. Dibuat pula poster yang yang diterbitkan insedental untuk tulisan tanggapan langsung mahasiswa. Bertujuan meningkatkan kepekaan mahasiswa menyikapi isu aktual. PJ = Jati R.I., Arfive G., Rahayu R.

2. Diskusi Terbuka with BEM
Mahasiswa sebagai generasi muda sekaligus director of change diharapkan peka dan berpikir kritis, termasuk bertanggung jawab dalam pendapat menyikapi kondisi kampus serta kinerja BEM. Maka diadakan diskusi terbuka sebagai komunikasi dan pencerdasan BEM dengan mahasiswa dan sebagai bentuk pencerdasan kepada mahasiswa. Direncanakan pertengahan September serta akhir November di tengah Gedung B. PJ = Lariska I.F.


B. DITJEN MEDIA INFORMASI

1. Sosialisasi Tentang Kebijakan BEM atau Rektorat
mensosialisasikan kebijakan maupun kegiatan rektorat dan BEM secara langsung kepada mahasiswa melalui di mading publik dan mading BEM selama Juli s.d. Desember 2009. diharapkan setiap kegiatan yang diadakan BEM maupun Rektorat mendapat respon dari para mahasiswa. PJ = A. Sherly K.W

2. Ucapan Insidental
sumber informasi bagi mahasiswa tentang kejadian atau momen penting yang sedang terjadi di kampus berupa poster berisi ucapan terkait peristiwa insidental (bisa berupa ucapan selamat, ucapan belasungkawa, maupun ucapan lainnya). Dilaksanakan Juli s.d.Desember 2009. PJ = A. Sherly K.W, Putri D.N.R.S.

3. Dokumentasi dan Publikasi Kegiatan BEM
Kegiatan ini berupa pendokumentasian kegiatan BEM (hasilnya dapat berupa video dan atau foto) kemudian hasil foto atau video tersebut akan diseleksi dan dikelola kembali yang nantinya akan dipublikasikan dalam sosilalisasi kegiatan BEM yang berupa media ataupun dalam majalah dinding. Dilaksanakan tiap ada kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa. PJ = Putri D.N.R.S

4. Pengelolaan Mading BEM
Mading BEM di Gedung B secara rutin akan diperbaharui. Pembaharuan meliputi update informasi, layout, dekorasi maupun perawatan sehingga kerapian dan estetika mading BEM sebagai media publikasi informasi BEM terjaga. PJ = M. Fazrul Rachman

5. Pengadaan Surat Kabar di Student Centre
BEM IT Telkom DepKominfo bekerja sama dengan rektorat dalam pengadaan surat kabar harian di Student Centre yang diletakan depan sekretariat BEM sehingga semua sivitas akademik dapat ikut serta membacanya. PJ = Arfive G. dan Rahayu R.

6. Information Communication Unit (Website, Telepon, SMS, TV Kampus)
Sarana prasarana informasi di kawasan kampus sebenarnya sudah banyak dan memadai, hanya saja keberadaanya tidak/belum dimanfaatkan dengan baik,seperti tv kampus, telepon, serta website. Sehingga perlu adanya pemanfaatan dan pengelolaan yang baik agar civitas mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya melalui media-media tersebut. Selain itu, civitas akademika juga dapat mengirimkan informasi ke pihak BEM melalui telepon dan sms, sehingga BEM juga dapat sebagai media penyebaran informasi yang berasal dari civitas akademika sendiri. PJ = Jati Ridho I., Lariska Ismiyana F., M Fazrul Rachman

7. Kerja Sama Pembuatan Majalah Kampus dengan TELL
Departemen Komunikasi dan Informasi akan melakukan kerja sama dengan Majalah Tell yang dinaungi oleh Rektorat. Dalam kerja sama ini, Departemen Komunikasi dan Informasi memberikan informasi yang menyangkut berbagai kegiatan mahasiswa dan mensosialisasikan kerja BEM IT Telkom kepada seluruh civitas akademika melalui Majalah Tell. PJ = Yulian A.

8. Pembuatan Majalah Bekerja Sama Dengan Masjur
Saat ini dibutuhkan media untuk menampung aspirasi dan pemikiran mahasiswa yang lebih bebas, sehingga apa yang mahasiswa pikirkan dapat tersampaikan dengan lebih jujur dan terbuka. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menerbitkan majalah kampus yang dikelola oleh pihak mahasiswa sendiri, dalam hal ini BEM dan Masyjur. PJ = Rico J.

9. Pembuatan Kalender KBM 2010
kalender KBM 2010 memuat dokumentasi serta informasi-informasi penting terkait KBM selama 2009 sebagai motivasi kepada pengurus elemen-elemen KBM periode 2010 agar meningkatkan kualitas, kreativitas serta kebanggaan dengan keanekaragman kampus ini. PJ = M. Fazrul R.

10. Pembuatan Album Kenangan Melangkah Bersama
Kenang-kenangan kepada pengurus BEM KBM IT Telkom 2009 sebagai motivasi untuk terus berkarya, mengabdi, dan tidak menyia-nyiakan pengalaman kerja di BEM 2009.
Proses pembuatan buku tahunan ini dimulai awal semester genap dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2009. PJ = Putri D.NRS.

11. Open House BEM
BEM sebagai lembaga eksekutif kemahasiswaan IT Telkom tentu perlu mendekatkan diri kepada mahasiswa. Dengan kemasan bernuansa santai diharapkan dapat diperoleh aspirasi serta tanggapan terkait kinerja BEM KBM IT Telkom. Diagendakan Oktober atau November 2009, tengah gedung B. PJ= Rico Julian

12. Seminar Jurnalistik
memberikan pengetahuan dan review perkembangan dunia Jurnalistik saat ini kepada mahasiswa. Sehingga para mahasiswa berminat dan tertarik pada bidang ini mempunyai pengetahuan yang lebih tentang Jurnalistik. Diagendakan November 2009 di GSG. PJ = Putri D.N.R.S. dan Yulian A.

13. Galeri Foto Aksi
untuk mengubah pandangan negatif mahasiswa tentang aksi. Dengan membuat sebuah galeri berisi foto-foto aksi dan pemutaran video aksi dari BEM IT Telkom, mahasiswa mengerti proses pelaksanaan aksi dan mengetahui momen-momen penting yang terjadi. Diagendakan Desember 2009 di tengah Gedung B. PJ = Jati R.I.

14. Pameran Fotografi KBM
Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang telah diselenggarakan ormawa-ormawa IT Telkom. Kegiatan ini dilaksanakan saat HUT KBM IT Telkom. PJ = M. Fazrul R.

15. Lomba Poster dan Fotografi se-Bandung Raya + Pameran
menumbuhkan kecintaan mahasiswa terhadap Indonesia serta wadah menyalurkan bakat dan kreativitas mereka sekaligus mengapresiasikan rasa nasionalisme mereka melalui karya-karya mereka. Direncanakan November 2009. PJ = A. Sherly K.W

16. Pembuatan Papan Nama BEM KBM IT Telkom
Pembuatan papan nama 2 buah yang akan diletakkan di atas jendela dan di atas pintu sekre BEM, papan nama memuat tulisan BEM KBM IT Telkom, nomor telepon, dan alamat website BEM IT Telkom. Direncanakan selesai Desember 2009 di atas jendela dan di atas pintu. sekre BEM (bagian luar sekre). PJ = Rico J.

17. Buletin Bulanan BEM
untuk mempublikasikan kegiatan BEM yang telah dilakukan serta yang akan dilakukan (agenda), selain itu dipergunakan untuk memsosialisasikan kebijakan institusi. Bul-bul BEM diterbitkan sebulan sekali (penyebaran awal bulan). PJ = Putri D.N.R.S.

No Response to "PROGRAM KERJA SEMESTER KEDUA DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI"