GuestLecture: Mr. Wisnu Jatmiko

Salah satu alasan mengapa saya ke Stasiun Pasar Senen di injury time (21/11) adalah perkuliahan MPPI dengan dosen tamu yang menarik. Kenapa menarik? Karena beliau merupakan pribadi yang produktif dalam hal riset. Jelas banyak inspirasi yang patut digali dari beliau, khususnya bagi saya yang (insya Allah masih) berniat menjadi dosen.

Bayangan saya beliau adalah sosok yang menggelegar dengan aura penuh keseriusan macam profesor-profesor di anime. Eh, ternyata beliau tidak menampakkan kesan hiperbolik, justru lebih memancarkan aura kerendahhatian. Setiap kali menyampaikan suatu fenomena, beliau sangat menghindari sikap menyalahkan. Beliau menyelipkan kritik pula ke diri sendiri disertai doa semoga beliau bisa memperbaiki diri. Seriusan saya respek cara penyampaian seperti ini :)

sembunyi-sembunyi ngambil foto


Seperti yang saya duga, di agenda yang tentang Code Ethics of Research pasti yang bakal menarik untuk diulas adalah tentang plagiarisme. Sebuah frase yang sangatttt asyik untuk diulas, mungkin jika mau detail, akhir tahun ini baru selesai obrolannya heheee...Berkaitan dengan hal ini, Pak Wisnu menyampaikan berbagai studi kasus serta teknis pegutipan yang "beradab". Dan tak lupa beliau mengingatkan bahwa sudah banyak aplikasi pendeteksi plagiarism sehingga sebenarnya peluang menyontek paper/jurnal/karya ilmiah lain.

Materi yang snagat bermanfaat dan secara pribadi menjadi "BBM" terhadap semangat riset dan lebih jauh lagi menyiapkan diri lulus S2 dan nge-dosen. Aamiiin

No Response to "GuestLecture: Mr. Wisnu Jatmiko"