Exploite the Experience

Salah satu tantangan mengajar mata kuliah yang bersifat terapan adalah menyodorkan studi kasus sebagai ilustrasi dari teori yang ada. Hal ini sudah saya alami sejak semester lalu saat mengajar Literasi TIK di prodi Sistem Informasi. Kebetulan memang semester lalu saya juga mengajar mata kuliah Teori Bahasa dan Automata yang sangat teoretis sehingga terasa perbedaannya. Di TBA saya tidak perlu banyak mengumbar studi kasus penerapan SI/TI, namun di LiTIK saya harus mengumpulkan stok kisah-kisah nyata untuk diangkat sebagai bahan ajar.

Semester ini situasinya bisa dibilang lebih menguras persiapan terkait studi kasus yang tiga kali lipat. Mata kuliah Literasi TIK kembali saya ajar, kali ini di prodi Teknik Industri, ditambah Sistem Informasi dan Perencanaan Strategis Sistem Informasi. Saya harus pandai-pandai menyusun skenario mau berbagi cerita apa saya. Sebagai catatan, saya ditantang menjelaskan ekosistem organisasi di dunia kerja pada mahasiswa tahun ke-3 dan ke-4 pada matkul Sisfo dan PSSI. Padahal mereka sendiri hanya mengenyam 4-6 pekan di dunia kerja berstatus Geladi ataupun Kerja Praktik. Artinya saya perlu mengatur ritme agak secara perlahan menyeret mereka ke dalam paradigma dunia manajemen organisasi dunia kerja. Sebisa mungkin saya menggunakan studi kasus yang sederhana dengan sesekali menyimulasikan percakapan di dunia kerja. Tampaknya saya perlu belajar teknik public speaking macam standup comedy tapi versi agak serius.

Terkait stok studi kasus, alhamdulillah sya terbantu dengan pengalaman di dunia kerja sejak tahun 2013. Pengalaman di PAJ Group selaku programmer, analyst, dan sesekali project administrator, sangat membantu. Pun pengalaman nge-proyek bareng di Arkadia itu juga memberi masukan tentang betapa dinamisnya ekosistem organisasi terkait pengelolaan SI/TI. Dan tak lupa bekal 3 semester di MTI Fasilkom UI turut mewarnai pengetahuan saya, baik "genoside" di kelas maupun "romusha" di S*buck. Tentu sya harus patuh aturan dalam meramunya. Ada fenomena yang bisa diutarakan begitu saja, ada yang harus anonim, ada pula yang tidak boleh diceritakan sama sekali. Saya harus cerdas memilih dan mempertanggungjawabkannya.

Harapan saya sederhana, mahasiswa bisa mudah mencerna dan bisa belajar di hari nanti.

No Response to "Exploite the Experience"