Review of SPIS 1st Session



Pekan pertama perkuliahan PSSI di Fakultas Informatika, Universitas Telkom alhamdulillah berjalan lancar. Ini adalah pertama kalinya saya mengajar mata kuliah yang 'nggak terlalu IF' setelah sebelumya matkul Teori dan Bahasa Automata. Jelas bukan mata kuliah yang mudah karena mata kuliah ini didominasi bahasa khas anak prodi manajemen yang barangkali terlalu 'absurd' untuk diterjemahkan ke dalam jargon-jargon ilmu komputer. Baiklah, itu tugas saya untuk menerjemahkannya ke dalam berbagai analogi dan studi kasus yang lebih konkret.


Saya berangkat dari gagasan perkembangan perilaku manusia yang sangat kental dengan pengaruh SI/TI belakangan ini. Contoh dalam pendidikan, keuangan, hingga kriminal saya paparkan dengan mengacu beberapa poin yang pernah pak Riri Satria kemukakan dalam salah satu presentasi di Slideshare. Paparan di awal ini bertujuan memberikan gambaran bahwa bisnis, sebagai aktivitas manusia, sangat erat kaitannya dengan SI/TI. Maka organisasi, harus menyadari bahwa SI/TI perlu diatur agar memberikan benfit yang sesuai tujuan bisnisnya. Selanjutnya, saya beralih ke tinjauan teoretis mengenai definisi jargon-jargon yang bakal sering digaungkan selama perkuliahan. Bahkan definisi SI dan TI saya ulas kembali untuk mengantisipasi salah paradigma sedari awal.


Terakhir, saya memberikan beberapa pancingan untuk mengilustrasikan pentingnya PSSI. Lagi-lagi, saya dituntut mampu mengumpulkan beragam studi kasus untuk menyeret para mahasiswa memahami 'makhluk' yang bisa jadi baru mereka jumpai keberadaannya sekian tahun mendatang saat mereka naik pangkat di organisasinya. Tidak masalah, siapa tahu ada sebagian dari mereka malah 'beruntung' memperoleh kesempatan menerapkan ilmu ini lebih dini.


 

No Response to "Review of SPIS 1st Session"