Provinsi ke-35 itu [Kemungkinan] Sulawesi Timur

Status Kalimantan Utara selaku provinsi termuda kemungkinan akan ditanggalkan tidak lama lagi. Penyebabnya tentu sederhana, ada provinsi baru di Indonesia. Dan yang akan menjadi 'adik' dari 24 provinsi yang ada nantinya adalah Sulawesi Timur, sebuah kawasan baru yang mekar dari Sulawesi Tengah sebelah Timur.

Isu pemekaran ini bukanlah sesuatu yang baru, bahkan jauh labih menggebu dibandingkan isu munculnya provinsi baru di Madura dan Cirebon. Hanya saja faktor Pulau Sulawesi yang relatif jauh dari 'telinga' media nasional memuat tidak banyak yang membahasnya. Padahal, dari sisi legalistas, usulan pemekaran ini sudah 'diketuk palu' oleh DPRD Sulawesi Tengah serta tinggal menunggu pengesahan pemerintah pusat melalui undang-undang. Kondisi serupa pula yang terjadi saat pengesahan Kalimantan Utara.

Enam kabupaten/kota di Sulawesi Tengah akan mejadi area Sulawesi Timur nantinya, yaitu Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali, Morowali Utara dan Tojo Una-una, baca di tauran ini. Kabupaten Banggai disebut-sebut akan didapuk menjadi ibu kota provinsi. Walau demikian, pemekaran ini masih menyimpan 'bara' berupa potensi kecemburuan oleh kabupaten/kota yang tidak dibawa 'mekar'. Memang dari berbagai media, ada kabupaten yang diisukan 'kecewa' lantaran tidak menjadi 'paket pemekaran' lantaran di saat penggodokan isu cenderung 'keukeuh' harus menjadi ibu kotanya.

Pemekaran sendiri memiliki pro maupun kontra. Ditinjau dari aspek ekonomi, sosial, budaya, hingga politik, selalu saja ada plus maupun minusnya. Tentu kita tidak bisa serta merta berharap pembangunan pasca-pemekara bisa sepesat Banten ataupun Bangka-Belitung. Alih-alih berkembang, tidak jarang kabupaten/kota yang relatif baru dimekarkan justru terperangkap dalam perebutan dominasi kekuasaan. Beruntung memang hal ini sangat jarang terjadi dalam konteks pemekaran provinsi, namun tetap saja ada ancaman mengintai. Kembali lagi ke rencana pemekaran Provinsi Sulawesi Timur ini nantinya. Modal apa yang bisa menjadikan provinsi 'bungsu' ini bisa mengejar pembangunan 'kakak-kakaknya', minimal bisa menyamai pesatnya infrastruktur dan layanan pemerintahan diantara 5 provinsi lainnya di Pulau Sumatera. Sektor pariwisata barangkali bisa menjadi alternatif yang tidak salah untuk digali sebagaimana Sulawesi Tenggara yang belakangan kerap dibanjiri wisatawan lewat Wakatobinya.

Semoga nantinya Sulawesi Timur bisa berkembang lebih baik lagi

No Response to "Provinsi ke-35 itu [Kemungkinan] Sulawesi Timur"