Ber-Saka

Salah satu bentuk kepramukaan adalah Satuan Karya atau Saka. Deskripsi Saka bila mengacu Keputusan Kwartir Nasional 170.A tahun 2008 tentang PP Satuan Karya Pramuka
Saka adalah wadah pendidikan dan pembinaan guna  menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan.


Well, ketika di Kabupaten Tegal dulu, saya tidak pernah ikut saka apapun.
Padahal di kab. Tegal sendiri terdapat Saka Bhayangkara, Wanabakti, Bahari (kurang aktif). Sekitar setahun pasca-saya lulus malah muncul Saka Wirakartika. Paling banter saya pernah ikut nimbrung latihan Saka Bhayangkara dan ikutan juga Pertiwana Saka Wanabakti.

Pun halnya di Kabupaten Bandung. Meskipun terdapat beberapa saka, saya tidak tergabung di saka-saka tersebut. Selain kesibukan di internal Gugusdepan, ada pula kesibukan di himpunan/bem/dll hehee sebagai faktor utama. Di sela-sela itu muncul undangan penandatanganan MoU Saka Telematika antara Kwarda Jabar dengan PT Telekomunikasi Tbk.

Seiring bergulirnya waktu, belum ada kejelasan yang masif mengenai keberlanjutan Saka Telematika. Malah dalam suatu publikasi acara AMIF (HMIF se-Bandung) muncul logo segilima dengan logo PT Telkom dengan tunas kelapa di bawahnya, pokoknya khasnya logo saka bangetlah...


Selang sekian pekan kemudian saya mendengar keberadaan Saka Kominfo Kwarcab Kota Bandung. Saka ini pun pada  24 s.d. 25 November menyelenggarakan rekruitasi berupa Diklat. Muncul kegalauan, mau ikut ga ya saya??



Akhirnya saya mengikuti rekruitasi tersebut. Sungguh tantangan yang luar biasa, namun masih ada yang mengganjal di benak saya, saya bergudep di Kabupaten Bandung, sedangkan Saka Kominfo Kwarcab Kota Bandung berada di Kota Bandung, nah, menurut PP di atas syarat anggota Saka adalah bergudep di kwarran atau kwarcab saka tersebut. Well, berarti ada permasalahan pada keanggotaan ini yang perlu diselesaikan segera.

Rencana ke depan, saya mengajukan penempatan untuk mengembangkan Saka Kominfo di Kwarran Bandung Wetan. Semoga dimudahkan

No Response to "Ber-Saka"