Effective People vs Ineffective People

Buku Seven Habits of Highly Effective Peiople mengulas tentang cirri-ciri orang yang mampu efektif, khususnya dari tinjauan perilakunya (behavioral). Cirri-ciri ini diperbandingkan sebagai konotasi dari karakter orang-orang yang tidak efektif. Melalui cirri-ciri ini kita dapat mengukur diri sendiri apakah termasuk orang yang efektif atau tidak ataukah dalam area abu-abu.
Ciri-ciri orang yang efektif adalah
1.    Jadilah proaktif
Maksud dari proaktif di sini adalah mampu mengendalikan diri sendiri dalam beraktivitas. Kekuasaan atas diri sendiri cukup besar sehingga mempunyai pendirian dan akan sangat menikmati hidup karena tidak bergantung pada orang lain. Justru mempunyai kemampuan untuk menggerakan orang di lingkungan sekitar.
2.    Mulailah dengna tujuan akhir
Hal ini terkait erat hal apa yang disebut visi. Visi merupakan final state yang harus dicapai jika dibandingkan dengna kondisi saat ini yang menjadi initial state. Visi ini akan memberikan dorongan dna motivasi untuk mewujudkannya, visi ini juga akan menjadipanduan apakah yang dikerjakan saat ini maupun yang akan dikerjakan sudah sesuai rencana atauka tidak. Visi ini dijabarkan dalam misi. Misi merupakan jabaran yang lebih spesifik. Melalui pembentukan visi dan misi, seseorang akan mempunyai pendirian dan lebih terarah dalam menggapai target.
3.    Put First Things First
Orang-orang ini menjalankan disiplin, dan mereka merencanakan dan melaksanakan sesuai dengan prioritas. Mereka juga "berjalan pembicaraan mereka" dan menghabiskan waktu yang signifikan dalam Kuadran II.
4.    Think Win-Win.
Orang-orang ini memiliki mentalitas dan semangat kerjasama. Mereka mencapai komunikasi yang efektif dan tingkat kepercayaan yang tinggi dalam menjaga emosional mereka dengan orang lain, sehingga hubungan bermanfaat dan kekuatan yang lebih besar untuk mempengaruhi.
5.    Seek First to Understand, Then to Be Understood.
Orang efektif akan mudha dalam memberikan perhatian kepada orang lain, lebih berinisiatif untuk memahami maksud dna kebutuhan orang lain sehingga orang lain akan juga bersimpati kepadanya dan orang tersebut akan dimengerti oleh orang lain.
6.    Sinergis
Orang-orang sinergis jsutru mempunyai kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan, baik yang menjadi visi misi pribadi maupun tujuan kolektif dalam kelompok. Hal ini memperingan diri dalam melewati ancaman dan meningkatkan kemampuan dalam bekerja sama.
7.    Sharpen the saw
Orang-orang efektif terlibat dalam pembaruan diri dan self-perbaikan di bidang fisik, mental, spiritual, dan sosial-emosional, yang meningkatkan semua area dari kehidupan mereka dan memelihara enam kebiasaan lainnya.

1 Response to "Effective People vs Ineffective People"

Rahma mengatakan...

pas...saya sedang membaca buku ini..
:)
bukunya keren euy.