Nothing Special??

Bila tidak ada spesial maka percayalah bahwa hasil dari proses tersebut yang bakal biasa-biasa saja.

Hal tersebut berlaku berbagai event yang sifatnya rutin dijalankan oleh organisasi manapun, misalnya PDKT (nama ospek di kampus gw), Mabim (ospek di fakultas gw), LKOD, LKOL, pelantikan Bantara, Laksana Prompt Night, Malam Inaugurasi dan sebagainya. Yang ada hanyalah rasa basi dan niat hanya menuntaskan suatu kewajiban yang tradisionil. Kesan dan kader (untuk event yang bersifat kaderisasi) takkan beda jauh, kalaupun ada yang melejit itu hanya pencilan yang tak seberapa dibandingkan kualitas keseluruhan.

Harus ada sesuatu yang spesial, misalnya tema, tujuan, dan berbagai peluang inovasi lainnya.

Pelantikan Bantara/Laksana ... bila memang diharapkan menghasilkan Penegak Bantara/Laksana yang peduli dengna masyarakat, maka penugasan yang diberikan pun hendaklah disesuaikan dengan tujuan tadi. Misalnya tugas penyakit masyarakat disesuaikan dengna kebutuhan masyarakat dalam mengatasi penyakit masyarakat, contoh konkret membuat poster penyuluhan tentang bahaya penyakit masyarakat beserta cara mencegahnya, dicetak seukuran A1 dan dipasang di sejumlah area strategis di masyarakat. Esensinya dapat, pemenuhan tugasnya dapat, dan bahkan manfaat keberadaan Pramuka dirasakan langsung oleh masyarakat.

Turnamen Karate, memang acara utamanya ya pertandingan antarkarateka, tapi acara bakal lebih menghibur bila dalam penyelenggaraannya disediakan istirahat sekitar 15 menit tiap 3 jam berupa games yang bikin have fun. Emang butuh banget banget banget ya dalam turnamen karate ada games-nya? Kalo setahu saya suasana arena turnamen itu suntuk, ngebosenin, terlalu negangin, lhaaaa di sinilah dibutuhkan ide-ide "gokil" yang mencairkan suasana, khususnya mereka yang capek abis tanding. Tak lupa pula, ajak UKM/komunitas seni setempat untuk tampil di sela-sela waktu istirahat ataupun pembukaan/penutupan. Ya contohnya turnamen karate se-Jabar di IT Telkom, wah bakal menarik tuh bila dihadirkan UKM Sulawesi, Minang, dsb, itu bakal ngasih sajian seni yang pasti ditonton dengan ketakjuban. Simpel but penting lho

Ada pula inspirasi dari acara LKO1 waktu saya semester 1. Tema kedirgantaraannya cakep banget. Ini menginspirasi saya dalam membayangkan konsep acara misalnya MOS dengan konsep serupa. Gw yakin kalo SMA 1 Slawi ngadain MOS (yang biasanya serem, penuh perbedaan pendapat antara guru dengan pengurus OSIS) malah dikreasikan berupa acara yang have fun, berbagai konsep dekorasi, music, penugasan (tentunya tugasnya yang mutu), koreografinya berbalutkan tema pesawat. Wah, SMA lain bakal ngiler tuh kalo tahu. Well, esensi MOS itu sendiri bakal didaptkan tanpa berbagai macam bentakan senior ke junior, justru si junior bakal takjub terhadap kreativitas si senior dan termotivasi untuk lebih kreatif lagi, kalo hanya diisi peloncoan si junior bakal termotivasi buat lebih kejam tatkala jadi senior.

No Response to "Nothing Special??"