Pedrito... Riwayatmu Kini

Pedro Rodriguez... Pemain asli Tenerife, Spanyol, yang menjadi buah bibir seantero Spanyol dan Inggris. Tadinya hanya meliputi dua provinsi, Catalan dan Manchester. Pedrito sudah menjadi pemain incaran MU sejak awal tahun lalu. Segala kesuksesan FC Barcelona selalu dikaitkan dengan Trio MSN. Status Pedrito tak ubahnya stuntman.

MSN Factor

Fans Barca pada musim lalu benar-benar terbius branding MSN sebagai trisula maut. Paduan dahsyat Eto'o-Henry-Messi di 2008/2009 dan Messi-Villa-Pedro di 2010/2011 jelas tinggal sejarah. Status Messi, Neymar, dan Suarez adalah bintang wahid di Argentina, Brazil, dan Uruguay. Jelas keunggulan telak ada di bahu ketiganya. Mencadangkan salah satu dari ketiganya jelas memubazirkan gaji yang di atas seorang Pedro. Ketiganya pun didukung branding media yang lebih menjual dan tak lupa sokongan sponsor. Posisi yang sulit bagi Pedro untuk bersaing di lini depan. Migrasi ke tengah? Sudah ada Iniesta, Rakitic, Rafinha, Sandro, atau bahkan nantinya Arda.

La Masia Factor

Line up reguler Barcelona musim lalu kurang mencerminkan eksistensi jebolan La Masia. Valdez tergantikan Bravo/Ter Stegen. Puyol diisi Mascherano/Mattheiu. Suksesor Xavi adalah Rakitic. Praktis alumni La Masia yang tersisa di tim inti adalah Pique, Alba, Iniesta, Busquet, dan Messi. Tidak ada lagi sosok Bojan, Fabregas, Thiago, Tello, Cuenca, Fontas, Delofeu, hingga Montoya yang 'menyelamatkan karir' ke klub lain. Nama-nama macam Bartra, Rafinha, Sandro, Jonathan, Munir, Masip belum bisa dipastikan prospeknya di tim inti Barca. Sebuah iklim yang tentu kurang menguntungkan bagi Pedro.

Euro 2016 Factor

Hajatan empat tahun sekali ini jelas gila jika dilewatkan begitu saja. Pedro tidak memperoleh jaminan bermain di Prancis nanti. Peluangnya sama besar dengan Costa, Llorente, Michu, Torres, hingga Munir, atau bisa jadi ada pula ancaman dari Mata serta Fabregas. Kembali ke sosok MSN, yang walau ketiganya berasal dari Amerika Latin, jelas kecil salah satu dari ketiganya dikorbankan agar Pedro memperoleh kepastian bermain di Prancis.

Hispanik Factor

Persaingan sesama warga Spanyol jelas meningkat karena tahun depan hanya ada 23 jersey di Euro. Tapi Spanyol-connection justru menjadi pendukung kehadiran Pedro ke Chelsea. Ada sosok Fabregas yang memang disebut sebagai 'provokator' agar Pedro berlabuh ke London Barat. Di belakang Fabregas? Ada Azpilicueta dan Costa. Adaptasi yang tentu menguntungkan Pedro.

No Response to "Pedrito... Riwayatmu Kini"