5 Battles Blast from Past

Ramadhan itu bukan cuma berpuasa di siang hari. Ramadhan itu tentang satu bulan penuh kesungguhan dalam menegakkan agama. Sejarah pun mencatat (setidaknya) ada lima perang yang gemilang dalam rekam jejak perkembangan Islamdi saat bulan Ramadhan.

1. Perang Badar, salah satu perang legendaris dimana umat Islam yang sedikit justru mampu memenangkan laga walau berhadapan dengan pasukan kafir yang berlipat jumlahnya.
2. Futuh Makkah, momen pengambilalihan kota Mekkah ke pangkuan umat Islam setelah lama hijrah. Tauhid ditegakkan dalam momen ini dimana umat Islam melakukan pembersihan Mekkah, terutama area Ka'bah dari segala berhala.
3. Penaklukan Andalusia (93H) dan kawasan India (94H) sebagai momen ekspansi Islam dari sisi dakwah dan politik ke luar jazirah Arab, yaitu regional Eropa dan Asia Selatan. Penaklukan Andalusia menjadi simbol perluasan Islam ke seberang lautan dipimpin Thoriq pada akhir bulan Ramadhan tahun itu.
4. Perang Hittin, menjadi titik balik kemenangan Islam atas koalisi kerajaan-kerajaan Eropa dalam Perang Salib. Sebelumnya memang umat Islam dibantai oleh koalisi tersebut, namun kebangkitan Islam mengiringi 'comeback' atas upaya merebut kembali kawasan Jerusalem.
5. Ain Jalut, peristiwa yang fenomenal karena di sini umat Islam mengalahkan Bangsa Mongol yang sangat ditakuti oleh banyak suku dan bangsa kala itu. Ini juga menjadi titik balik setelah beberapa tahun sebelumnya Mongol mengagresi umat Islam di Baghdad. Di kemudian hari, banyak Bangsa Mongol yang akhirnya memeluk Islam.

No Response to "5 Battles Blast from Past"