Feyenoord... Gefeliciteerd voor de kampioen

Saya masih ingat ketika dibelikan koran Bola tahun 1999 [iya dari usia memang saya sudah memasuki era vintage]. Saat itu ada poster klub berkaus merah-putih merayakan juara Liga Belanda kala itu. Skuad mereka memang tidak begitu menonjol saat itu, yang agak terkenal tampaknya hanya si kapten Kees van Wonderen. Sosok seperti Pierre van Hoidonk, kalau tidak salah, belum bergabung. Tentu faktor tidak ditayangkannya Liga Belanda dan belum adanya media sosial turut memengaruhi ketidakpopuleran Feyenoord. Satu yang membuat saya tertarik ingin mencari tahu tentang klub ini, yaitu model kaos merah versus putih yang dibagi secara vertikal. Bukan belang layaknya model Juventus, AC Milan, dan Inter Milan, tapi model dibagi kanan merah, kiri putih. Sedikit modifikasi berupa lengan yang warnanya ditukar dengan warna dada.


Posternya bukan foto ini, tapi suasananya mirip.
btw, suasananya romantis sekali ya, juara dapet bunga gitu
sumber foto twitter.com


Dan setelah sekian ratusan purnama [bahkan keburu Rangga pulang ke Indonesia ke Cinta], akhirnya Feyenoord kembali merengkuh gelar juara pasca-18 tahun. Kalau dari statistik di Wikipedia, mereka konsisten selama 34 pekan bercokol di pucuk klasmen mengangkangi Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven. Sosok yang paling dikenal orang tentu si pelatih, Giovanni van Bronckhorst, serta kapten Dirk Kuyt. Nama pertama masih 'beliau' selaku pelatih sedangkan nama kedua punya koleksi trofi walau tidak seglamor layaknya Messi. Tapi kedunya punya rekam jejak sebagai mantan pemain yang turut membangun klub ini, bahkan ini adalah edisi kedua Kuyt di Feyenoord. Aroma kebangkitan ketika mereka merengkuh trofi KNVB Beker musim lalu menjadi peringatan bahwa musim ini mereka mungkin 'meledak'. Dan ternyata memang begitu adanya. Tatkala Ajax menguntit ketat, mental Feyenoord relatif tahan menghadapi kejaran klub ibu kota tersebut.

Selamat untuk Feyenoord...

Maaf nama/logo dan produk alkoholnya disensor
sumber foto https://www.defeijenoorder.nl/


FYI, Liga Belanda sejak era 1964-1965 s.d. sekarang juara selalu berkostum merah-putih, yaitu Ajax PSV, Feyenoord, serta AZ Alkmaar [kecuali 2009-2010, juaranya cuma 'merah', bahkan AZ mengenakan merah-putih saat juara walau mereka biasanya berkostum merah saja]


No Response to "Feyenoord... Gefeliciteerd voor de kampioen"