Bukan hanya pernah memimpin

Saat ini kondisi saya dalam proses mendewasakan diri terhadap perkembangan sekitar yang sangat cepat. Dua buah amanat sebagai kordas suatu lab dan koor SC suatu kepanitiaan membuat saya perlu pandai-pandai membagi waktu.

Pemimpin, ada banyak orang yang pernah memimpin saya, baik sebagai koordinator maupun ketua. Semua berkesan dan banyak saya serap ilmunya, baik di lingkup SMA ( OSIS 2005/2006, OSIS 2006/2007, GMB III, DA 2006/2007, KIR 2007, Inkai) ataupun kuliah (Pesona Budaya 08, BEM 2009, PDKT 2009, BEM 2010, ITF 2010, IAIS 2010, PDR 2010, HMIF 2011, ITSC 2011). Dari sekian  banyaknya tersebut, beberapa sosok yang sangat menginspirasi saya antara lain :

  • AAN
Beliau merupakan orang yang pernah memimpin saya sewaktu SMA dan persahabatan kami masih erat hingga saat ini. Bisa dibilang, dari sekian orang sahabat saya, dialah yang paling karib. Hal yang aku soroti dalam kepemimpinannya adalah sikapnya yang tenang dan membumi dengan rekan sejawat. Dalam bercanda dia mampu total, namun dalam kondisi serius dia bersikap tegas, namun mambu membawa kondisi agar tidak tegang. Dia juga mampu melihat inti permasalahan yg memang menjadi pangkal dalam kerumitan kondisi suasana. Ini dibuktikan dengan beranekaragamnya analisis tiap orang dalam organisasi kami yang bisa dia memberikan pemahaman mengenai apa yang harus fokuskan dan mana yang tidak. Dan yang pasti dia punya keberanian dalam memberikan kepercayaan kepada orang yang secara default diremehkan.

  • BR
Dia pernah memimpin saya di sebuah organisasi selama satu periode. Kebetulan kita juga sering menjadi kuncen sekre. Kesan yang paling khas adalah visi dia yang luas dalam bidang iptek dan kemasyarakatan. Diga juga tidak terlalu menyukai ritual-ritual organisasi yang hanya berupa warisan dengan esensi kurang jelas. Kemampuan dia dalam hal lobi, public speaking serta membangun link sangat baik. Dekat dan memahami kondisi personalia yang dipimpinnya juga menjadi karakter khasnya

  • MAAW
Dari segi public speaking dan kepercayaan diri dia dapat dikategorikan tingkat dewa. Namun bukan itu saja modalnya. Karakter yang fleksibel serta sangat mempersilahkan personel yang dipimpinnya untuk berkembang menjadi poin plus dia. Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari beliau. Dan yang paling saya suka adalah karakternya yang sangat mau belajar.

  • CNV
Dari segi ketegasan mengambil sikap dia sangat tegar. Kebetulan dia satu kosan dengan saya. Dia sangat tangguh dalam menghadapi kondisi yang semrawut dan mandiri terhadap kondisi yang compang-camping sekalipun. Dia juga mempunyai kemampuan dalam melakukan analisis kondisi personalia. Dia banyak melakukan pendekatan logika dalam mengambil keputusan.

  • MF
Hampir tiga pekan kemarin kami bertemu dalam suatu seminar di Yogyakarta. Beliau pernah memimpin saya juga di sebuah organisasi kampus. Karakternya adalah sangat peka, tidak membeda-bedakan SARA dalam memberikan perhatian. Dia juga mempunyai prinsip "malu kalo orang yg saya pimpin lebih capek daripada saya". Ohya, dia juga orangnya percaya diri dan sangat ramah. Kemampuan lobinya dan menganalisis suatu permasalahan juga sangat tenang. Hahaha, walau terkadang ble'e juga sih kalo bercanda.


Saya Arfive Gandhi (mahasiswa, 21 tahun, Bandung, EPT per Ags 2008 495, TA 2) jelas bukan mereka. Dan lantas saya pun tidaklah menjiplak karakter mereka mentah-mentah. Bagi saya mereka adalah isnpirasi yang patut diteladani. Beberapa karakter saya daam memimpin memang ter-influence style mereka, namun tetap saja, saya punya karakter yang khas, seperti apa karakter khas saya? Mmmm... saya juga bingung, yang pasti saya adalah orang yang berorientasi pada kenyamanan orang yang saya pimpin.

No Response to "Bukan hanya pernah memimpin"