usulan master plan FKPPT

mengacu pada tugas pokok FKPPT yang ditetapkan melalui PNPPT
1.Memberikan informasi kepada seluruh Pramuka Perguruan Tinggi
2.Mengkoordinasikan jadwal pelaksanaan kegiatan skala nasional Pramuka Perguruan Tinggi
3.Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kwarnas
4.Melakukan pendataan Pramuka Perguruan Tinggi di Indonesia

perencanaan dibagi ke dalam penjangkaan waktu berikut
- jangka pendek (1-12 bulan)
- jangka panjang (lebih dari satu tahun)

perencanaan juga dibagi ke dalam sasaran kerja

  • progress report hasil pengumpulan database pramuka perti (oleh korwil Sumatera:UMN Medan, Jawa+Bali:Unpad, Sulawesi:Poltekes Makassar, Kalimantan:STAIN Pontianak, dan wilayah NusTeng+Maluku+Papua:UGM). Database minimal berisi nama perti, nama racana (ambalan), contact person, email, alamat sanggar. Dalam jangka pendek dipaparkan database seadanya dulu saja, agar jelas pencapaian sejauh ini. Database ini oleh kornas perlu di-update tiap bulan sekali melalui korwil disertai penambahan perti yang masuk ke database.

  • pengumpulan agenda pramuka perti skala nasional hingga beserta spesifikasi kegiatan (fokus bidang, tujuan dll). Di sini dapat dilakukan dalam format facebook ataupun milis ataupun website. Dalam jangka pendek informasi yang dikumpulkan adalah kegiatan skala nasional hingga Desember 2013, jangka panjang berupa peng-update-an informasi secara rutin, dimana tiap anggota forum di-reminder per tiga bulan untuk menyerap informasi. Bila ada kegiatan yang berdekatan waktunya maka dilakukan mediasi oleh perti-perti penyelenggara agar didapatkan penjadwalan yang lebih baik. Di sini kornas dapat menempatkan perannya dalam mediasi tersebut.

  • pengelolaan forum. pengelolaan di sini berupa koordinasi nasional mengenai forum. terdapat dua aspek yang menjadi agenda koordinasi, yaitu pergantian koordinator dan penyerapan aspirasi forum. Penyelenggaraan dilakukan dengan 2 metode, yaitu :
a. pengajuan slot waktu dalam kegiatan skala nasional selama 2-3, di sini tuan rumah bekerja sama dengan kornas sebagai moderator forum.
b. rapat online dengan penyepakatan waktu

Namun diperlukan pembagian otoritas yang jelas antara koordinator nasional/pusat dengan koordinator wilayah agar terdapat sinkronisasi dan sinergitas serta menghindari pelemparan tanggung jawab.

No Response to "usulan master plan FKPPT"