Gapaian Asian Games 2014

Penurunan, bisa dibilang itu adalah kesimulan yang digapai kontingen Indonesia di Asian Games 2014. Hajatan olah raga terakbar tahun ini membukukan Indonesia "hanya" menduduki peringkat ke-17 dengan komposisi 4 emas, 5 perak, serta 11 perunggu. Bisa dikategorikan penurunan karena empat tahun lalu statistik yang dicatat adalah 4 emas, 9 perak, dan 13 perunggu serta bertengger di peringkat 15. Jelas pukulan telak mengingat diantara negara-negara ASEAN, Indonesia puas dikangkangi Thailang (peringkat 6), Malaysia (14), dan Singapura (15).



Menariknya, terdapat jurang yang menganga jika kita menyimak selisih raihan emas negara-negara dari peringkat 1 s.d. 6. Cina dengan 151 emas hampir dua kali lipat dari runner up Korea Selatan (79), apalagi Jepang (47), Kazakhstan (28), Iran (21), serta Thailand (12). Dari Thailand sampai dengan hampir semua negara di bawahnya bersaing sangat ketat. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa kekuatan Cina alias Tiongkok dalam menguasai peta olah raga di Asia masih terlalu digdaya, bahkan jumlah emas peringkat 2,3, dan 4 jika digabungkan baru bisa melampaui raihan Cina.

Banyak yang patut dineahi dari sekarang jika dikaitkan dengan agenda empat tahunan ke depan. 4 tahun lagi, Indonesia bukan sekedar negara kontestan, tapi penyelenggara. Korea Selatan saja hanya bisa menembus runner up dengan perbandingan medali emas 1:2 dan meadli total 2:3 terhadap Cina.

No Response to "Gapaian Asian Games 2014"