Treble: Tinggal Juventus dan Monaco

4 klub di Liga Champions Eropa/UCL serta 4 klub di Liga Eropa/EL, merekalah 8 klub yang masih berkesempatan mengadu nasib menjadi penguasa benua biru. Bukan perkara mudah karena mereka harus melalui perjuangan yang keras untuk menyingkirkan klub-klub lain yang mungkin lebih ambisius. Kota Madrid sudah memastikan diri tampil di final setelah dua klub asal kota ini, Atletico dan Real, bersua di semi-final. Derby yang keempat kali secara beruntun ini tentu menarik. Di sisi lain, AS Monaco dan Juventus bakal bentrok. Di atas kertas pemenang trofi UCL musim memiliki warna putih, hehee, ya iyalah kan Real Madrid putih total, Juventus putih-hitam, sedangkan Atletico dan Monaco merah-putih. Di ajang lainnya, Ajax Amsterdam yang nyaris gagal lolos bakal menjadi Lyon untuk menentukan siapa yang bakal menantang pemenang antara Manchester United vs Celta Vigo.

Menariknya dari 8 klub tersebut, hanya Juventus dan Monaco yang masih menaruh peluang mencaplok treble alias tiga trofi di penghujung musim. Juventus masih bertengger di klasmen Serie A tanpa halangan berarti dari Napoli, Roma, serta Lazio. Klub yang disebut terakhir pun menjadi lawan tunggal di ajang Copa Italia yang memasuki fase final. Monaco barangkali lebih terjal karena mereka masih dibayang-bayangi PSG di dua ajang, yaitu Ligue 1 serta Coupe de France. Ajang pertama menampatkan mereka tengah beradu poin yang sama, sedangkan di ajang kedua mereka berpapasan di babak semifinal.

sumber gambar ESPN
Monaco, salah satu calon peraih treble musim ini

Jika di masing-masing kompetisi domestik mereka lancar, artinya semifinal ini bakal menjadi ajang untuk mengeliminasi salah satu klub meraih treble. Tentunya bisa jadi yang lolos ke final pun mungkin saja digilas delegasi dari kota Madrid. Menariknya, AS Monaco di Ligue 1 tercatat sebagai klub paling tajam nomor 2 di Eropa setelah Barcelona, bahkan melebihi Bayern Muenchen di Bundesliga maupun Real Madrid di La Liga. Mereka bakal berjumpa klub dengan pertahanan yang ketat. Ya Juventus merupakan klub dengan pertahanan terbaik nomor 2 setelah Muenchen. Tapi jangan lupa bahwa Juventus adalah klub yang memaksa FC Barcelona 'mandul'. Ya, Barca tidak mencetak satu gol pun ke gawang Juventus. Padahal sebagai sempat disinggung sebelumnya, Barca merupakan satu-satunya klub yag hingga saat ini lebih tajam daripada Monaco di liga domestik masing-masing.

No Response to "Treble: Tinggal Juventus dan Monaco"