Beraneka Rupa Kuil-Kuil di Chiang Rai

Saya pengagum seni, termasuk seni arsitektur dan interior berbagai bangunan. Saya berkunjung ke beberapa kuil di Chiang Rai dalam konteks non-ritual, hanya sekadar mengagumi sebagai karya seni. Ada faktor aqidah berupa perbedaan besar antara saya selaku muslim dengan kawan-kawan penganut agama Budha. Saya harus mempertahankan keyakinan saya dengan tidak mengikuti ibadah mereka. Pun saya juga tidak boleh seenaknya keluar masuk kuil. Saya harus cermat memperhatikan tanda-tanda mengenai apa yang boleh dan apa yang dilarang untuk menjaga perasaan dan hak-hak mereka. Praktis saya hanya mendokumentasikan kunjungna tersebut dalam rangka/konteks wisata dan seni, tanpa secuil tendensi religius. Bahkan ketika ada larangan memotret pun saya wajib mematuhinya.

Papan nama di depan kuil Wat Klang Wiang, sentuhan seninya sudah terasa kuat dari papan nama. Memang terkesan sederhana, tapi tetap saja memikat mata

Penampakan di depan kuilnya persis. Terlihat pola arsitektur segi lima menjadi ciri khas kuil-kuil di Thailand [dan juga Laos]. Ukiran-ukiran warna emas mengisyaratkan keelokan dan kemegahan berpadu warna dasar bangunan merah. 

Salah satu kuil yang bertingkat, sayang saya tidak sempat mengecek namanya. Bentuk atap bersudut lancip juga menjadi karakter khas bangunan-bangunan kuil di sini.

Kalau tidak mendung, mungkin warna putihnya bisa lebih kinclong

Dari kejauhan saya menerka bahwa kuil ini bernuansakan India. Bukan karena nama 'Singha', melainkan bentuk roda yang ada di dengan gerbangnya. Sangat mirip dengan desain-desain khas negara India. Warna putih sebagai warna utama kuil juga kerap saya lihat di foto-foto kuil di India [di internet tentunya, kan saya belum pernah ke India]

Tapi di dalamnya desainnya sangat Thailand. Lihat saja bentuk tampak depan yang berupa segi lima. Thailand banget itu. Kali ini saya memperoleh hasil potret yang cukup unik berupa patung ular naga yang meliuk di depan kuil.

Menara yang tampak cemerlang dengan warna utama kuning emas. Lokasinya di bagian belakang kuil Singha. Ohya, konon kuil Singha merupakan kuil tertua di Chiang Rai yang sudah ada sejak tahun 1385.

Yang ini saya spontan memotretnya saat menuju Mae Sai

idem dengan objek berbeda hehee

#ArfiveThailand

No Response to "Beraneka Rupa Kuil-Kuil di Chiang Rai"