Menghargai ...

Menghargai bukan berarti harus membalas dengan nominal tertentu. Tidak semua tindakan harus diganjar dengan finansial, terlebih jika di luar konteks pekerjaan. Wujud menghargai pun luas, bisa berupa berterima kasih, berterima kasih sambil tersenyum, berterima kasih sambil tersenyum dan menyalami, serta lai-lain. Tapi, dari itu semua yang menjadi standar minimalya adalah tidak menyia-nyiakan ataupun menganggap sia-sia bantuan yang orang lain berikan.

Kita tidak tahu apa yang terjadi di balik bantuan orang lain. Boleh jadi, orang itu menyisihkan sebagian finansialnya yang mungkin sudah direncanakan untuk keperluan lain. Boleh jadi, orang itu meluangkan sebagian waktu yang juga mungkin sudah disiapkan untuk agenda lain. Boleh jadi ada pengorbanan lain yang sebetulnya ikhlas. Iya, 'sebetulnya' karena sikap kurang menghargai dapat menyebabkan sikap ikhlas itu tercemar.

Hargailah yang apa orang sudah berikan/lakukan kepada kita dengan layak. Cara kita memperlakukan orang lain [yang kita sebut dengan 'menghargai'] itulah cerminan kualitas diri kita.

No Response to "Menghargai ..."