Kolaborasi Google dengan iFrame

Ketika membuat website, ada kalanya kita perlu menyajikan dua jenis informasi berikut, yaitu peta lokasi serta formulir. Google melalui GoogleMaps dan GoogleDrive sebenarnya telah menyediakan aplikasi untuk mengkomodasi dua fitur tersebut. Dan melalui sedikit "kerja" (agak) keras, kedua fitur ini dapat dikolaborasikan ke dalam website/blog kalian. 

Untuk menampilkan Google dengan lokasi tertentu, buka http://maps.google.com, kemudian cari lokasi yang hendak menjadi fokus utama pada gambar peta nantinya, misalnya Stadion Siliwangi di Kota Bandung. Selanjutnya cari icon hyperlink (yang dilingkari merah, lantas ketika muncul URL (yang ada kata "iframe"-nya) copy URL tersebut. Lantas masuk ke halaman yang hendak disisipkan peta tersebut, dan paste :)






Sedangkan untuk menampilkan form dari GoogleDrive, proses diawali dengan membuka file tersebut pada GoogleDrive, lalu klik File >> Embed, maka akan tampil kotak dialog berikut, copy URL yang dilingkari garis merah. Dan sebagaimana langkah akhir pada proses penyisipan peta, masuk ke halaman yang hendak disisipkan formulir, kemudian paste :)



Contoh kedua objek yang akan disisipkan ketika masih dalam wujud janin (baca:codingan)


 Dan...Tararararammmmm inilah hasilnya, 


No Response to "Kolaborasi Google dengan iFrame"