Posting-nya di Blog/Web tapi Comment-nya di Facebook

Salah satu cara agar website/blog kita populer kontennya adalah menghubungkannya dengan social media, misalnya via Facebook. Dan salah satu konsep yang lazim dipergunakan dalam mengkoneksikan facebook dengan website/blog adalah tiap comment/komentar yang diberikan secara otomatis akan ter-publish via user ID facebook si komentator. 


Caranya tadinya saya kira susah, namun lantaran bang Irvan Indra (teman satu meja di Studio Indonesia Kreatif) sukses mempraktikkannya, saya pun jadi terpancing mencoba.

Setelah mengawalinya dengan doa (ini wajib lho... biar barokah :) ) buka link berikut https://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/comments/. Cari kolom/box yang mirip gambar di bawah ini.



Isikan URL halaman yang akan dipasangi fitur ini di URL to Comment on. Isikan lebar box pada Width, jumlah komentar yang akan ditampilkan secara default pada Number of Posts, dan biar lebih cantik pilih jenis tampilan pada Color Scheme. Cari button bertuliskan Get Code, maka jengjengjrengggg akan tampil pengumuman seperti gambar di bawah ini. Tak perlu khawatir jika belum pernah menyaksikan hieroglif-hieroglif tersebut bro...


Paste kumpulan code yang pertama pada halaman yang akan dipasangi fitur ini, tapi jangan lupa pastikan tempat menaruh code ini sudah dalam versi HTML. Sebaiknya code yang pertama ini diletakkan persis setelah tag <.html>. Untuk kumpulan code yang kedua, paste pada lokasi spesifik fitur box ini akan diletakan, jangan sampai salah taruh yee. Kalau saya memang karena akan menaruh komentar tersebut di tengah post, maka penulisannya seperti di bawah ini. Boleh jadi bagi teman-teman, penempatannya akan berbeda.


Dan demikianlah penampakan di blog saya dimana telah tersedia kolom komentar yang secara otomatis sudah meng-log in-kan user-nya, dan tak lupa tersedia fitur "Like". Namun bagi yang tidak ingin komentarnya terpampang di facebook-nya, maka dia bisa meng-uncheck Post to Facebook.

Dan beginilah hasil yang muncul di beranda facebook saya :)

No Response to "Posting-nya di Blog/Web tapi Comment-nya di Facebook"