FSL ITB » PMI Indonesia Session

Sabtu (29/3) sebuah kesempatan kuliah singkat dan gratis datang melalui event Free Saturday Lesson yang diadakan oleh Common Lab ITB. Ini yang kedua kalinya datang di FSL dimana faktor persis sedang di Bandung jadi faktor kedua buat dateng. Faktor pertama? Tentunya topik materi tentang Project Manager^^ yeee. Walaupun bukan PM di proyek-proyek mayor PAJ Group, namun materi ini jadi investasi masa depan. Siapa tahu ada kesempatan untuk praktik sebagai PM hehee. Malah sebagai anggota proyek, banyak materi matkul MPTI dari S1 yang berguna, apalagi SEPM-Chan dan IS-Designing di MTI.
Nah sekarang hayuk kitorang bahas asyiknya kuliah gratis tis tis ini.

FSL ini menjadi kolaborasi Common Lab dengan PMI Indonesia, yaitu Project Management Institute Indonesia. Singkatnya mereka merupakan pusat riset dan sertifikasi untuk bidang project management di Indonesia.


Sesi awal diisi paparan tentang profil PMI Indonesia yang sedang tumbuh dan menggencarkan peningkatan standar mutu manajemen proyek di Indonesia. Hal yang menarik ketiga mengulas statistik kompetisi manajemen proyek di Indonesia yang secara kuantitas kalah jauh jumlah anggota PMI yang sudah mengikuti sertifikasi dibanding Singapura, Malaysia, hingga Filipina. Tak hanya itu, statistik global berupa keberhasilan proyek IT yang hanya sebesar 35% jelas jadi tanda tanya besar. FYI: umumnya standar keberhasilan proyek IT ada 3» tepat waktu, sesuai anggaran, dan cocok dengan requirement.




Ngomong-ngomong soal sertifikasi, harus diakui bahwa di Indonesia kesadarannya masih minim. Tak hanya soal sedikit yang mengambil apalagi lulus, bahkan banyak perusahaan yang "buta" untuk "menghargai" SDM yang bersertifikasi. Bagi kebanyalan perusahaan yang penting proyek beres dan profit gede itu cukup.
Peningkatan kapabilitas SDM #ahsudahlah. Jadi tal.heran banyak pakat bersertifikasi asal Indonesia yang memilih jadi 'prajurit' di negara lain.



Seperti halnya Isaca dengan CISA, CISM ataipun Cisco dengan CCNA, maka PMI mempunyai output andalan berupa PMP yamg bersifat dasar maupun lanjutan.

Di sini diulas berbagai fenomena umum dalam manajemen proyek, khususnya berkait SDM dan perubahan proyek. Dan lagi-lagi buku sakral matkul MPTI, yaitu PMBOK, kembali dan berulang-ulang disebut.
Memang pengalaman itu penting, bahkan dianggap lebih penting daripada teori. Namun akan lebih bijak ketika pemahaman teori dikuasai untuk membangun pengalaman yang lebih baik.

No Response to "FSL ITB » PMI Indonesia Session"