It's about student.telkomuniversity.ac.id

Tempo hari liat sebuah link yang di-share oleh Pak Yanuar Firdaus. Penasaraan karena bukan rahasia lagi bahwa beliau tipikal orang yang kreatif dalam pemanfaatan IT, khususnya website. Setelah diterpa kegalauan sekian semester dengan realita /nilai dan /reg, tampillah iGracias sebagai solusi sistem informasi akademik di kampus, dan dikemudian hari dilengkapi dengna versi apk. Lantas proyek massal berupa penyediaan hosting dan domain blog di IT Telkom menjadi kesempatan yang menyenang untuk terus dikreativitaskan. Memang ada pula proyek yang kurang berdaya saing dengan social media lainnya, yaitu iFace, Dan ternyata memang benar, sebuah produk keluaran Sisfo Universitas Telkom hadir menyemarakan tingkah virtaul civitas akademia di kampus ini. Produk itu bernama Students Telkom University. Apa lagi ini??


Desain visual student.telkomuniversity.ac.id #sukabangetamainterfacenya ^^


Ini adalah Portal Civitas Akademika di Universitas Telkom dengna karakter user generated content dimana cukup dengna akun di situ, berbagai aktivitas layaknya social media dapat dilakoni. Ada thread yang mengarah ke forum discussion, ada pula group, bisa nge-blog juga, dan update status juga #eaaa. Penasaran kan? Penasaran aja lah ya...plisss #GJ

Ada sekelumit harapan saat menyaksikan Portal Students ini, yaitu aktivitasnya, baik secara kuantitatif (intesitas penggunanya) serta kualitatif (manfaatnya). Ada tiga website yang jadi acuan saya dalam menggantungkan harapan ini, yaitu Students IT Telkom, SCELe MTI UI, serta Portal Indonesia Kreatif. Masing-masing memberi inspirasi.

Pertama Students IT Telkom dengna kondisi terakhirnya harus diakui mengalami hidup segan namun mati tak mau. Faktor intensitas dan bobot konten menjadi penyebabnya. Faktor sosialisasi memegang pernaan kunci kurang dikenalnya Students IT Telkom. Bisa dibilang, sejak era 2008-an lah Student mulai mengalami keropos. Faktor kalah bersaing dengan Friendster, Facebook, dan Twitter menjadi efeknya. Secara pribadi saya membuat akun di ketiga social ini karena saya tahu ada temen saya yang memakainya. Selain itu, adanya informasi yang saya butuhkan tersedia di ketiga social media itu, karena itulah eksistensi Students mulai rawan. Aktivitas masih didominasi angkatan 2006 ke atas. Penambahan fitur menjadi solusi yang ditawarkan walau sebenarnya bukan itu jawaban dari kekurangan Students IT Telkom. Selain itu desain yang dipergunakan harus diakui masih mempergunakan pakem era pertengahan 2000-an. Students tidak seresponsif Facebook dalam merevisi desain visualnya.

Desain visual students.ittelkom.ac.id

Kedua SCELe MTI UI yang sudah dikenalkan sejak awal seorang mahasiswa baru memasuki dunia kampusnya. Segala informasi akademik digelar di situ, mulai dari informasi akademik, per-UKM-an hingga beasiswa. Bisa dibilang apa yang dibutuhkan mahasiswa ada di situ, penggiringan informasi ke SCELe sangat kuat serta dukungan dari dosen dalam mempergunakannya. Yaps, faktor dosen tak dipungkiri memberi kontribusi dalam mengajak ke lapak mana mahasiswanya hendak aktif. Karena banyak dosen menginformasikan perkuliahan (termasuk tugas) di facebook, maka Students kehilangan massa. Kejadian serupa juga dialami e-Learning IT Telkom tahun 2009-an dan iFace yang tidak mendapat dukungan de facto oleh dosen.

Terakhir Indonesia Kreatif dengan ebrbagai ide-ide segarnya. Portal Indonesia Kreatif memancing masyarakat mengakses Portal IK dengan melempar link melalui social media. Dari social media pula mereka menggali apa yang sedang menjadi trend di masyarakat. Selain itu keberadaan rencana strategis dan analisis dalam emngevaluasi juga jadi catatan penting. Portal IK mempunyai strategis yang sistematis dalam mengarahkan user memakai Portal, bagaimana meningkatkan antusias masyarakat untuk aktivasi Portal. Kemudian segala macam catatan statistik pun jadi bahan berharga yang menjadi panduan mengetahui respon dari masyarakat dan rencana perbaikannya.

OK Students Universitas Telkom....SEMANGATTTT

No Response to "It's about student.telkomuniversity.ac.id"