Kompetisi Juaranya Merah (Putih)

Ini adalah kompetisi paling wahid di Liga Belanda, yaitu Eredivisie. Sebuah kompetisi yang diikuti oleh 18 klub terbaik dari waktu ke waktu. Kompetisi ini konon disinyalir menjadi lahan oligopoli tiga klub terbesar di Belanda, yaitu Ajax Amsterdam, PSV Eindhovem, dan Feyenoord Rotterdam. Kedua klub ini sejak 1960 silih berganti menguasai kompetisi dengan status jawara dengan catatan hanya tiga kali runtuh, yaitu di musim 1980/1981 dan 2008/2009 yang dicomot AZ Alkmaar serta 2009/2010 yang dicaplok Twente.

Ada yang menarik dari tiga klub oligopoli tersebut. Kostum mereka didominasi dua warna utama, yaitu merah dan putih. Dua warna yang kebetulan adalah warna khas Indonesia, negara yang pernah dijajah oleh Belanda. Feyenoord memiliki kostum yang sebelah kanan warna merah dan kiri putih, walau kadang bagian lengan memiliki warna sebaliknya. PSV dikenal dengan warna vertikal belang merah putih, namun beberapa kali polos merah. Ajax lebih ekstrim lagi dengan bagian dada hingga perut serta punggung merah lalu sisanya putih.

Nah yang bikin unik, AZ punya warna khas utama merah dengan aksen lengan hampir selalu putih. Twente? Mereka "penganut" warna merah. Artinya dari tahun 1960-an, Eredivisie dirajai oleh klub warna merah dengan dominasi aksen putih. Untuk urusan warna kebesaran, La Liga dan Scottish Premiere League kalah dominan hehee

Sumber» whotalking.com

Sumber» whotalking.com

Sumber» garethlloyd8.files.wordpress.com

Sumber»spoortskeeda.com

Sumber» lagaleriadelfutbol.blogspot.com

No Response to "Kompetisi Juaranya Merah (Putih)"