Custom Field Review Plugin

Kesulitan yang sering ditemui oleh seorang web developer adalah membuat tipe bentukan yang menampung berbagai macam field untuk ditampilkan ke dalam website-nya. Sebagai contoh, ingin membuat sebuah format artikel dimana tersedia informasi yang baku lokasinya di dalam website nantinya berupa lokasi peristiwa, nama reporter/kontributor, sumber dll. Masalahnya di WordPress, tipe Post mempunyai keterbatasan field. Hal yang sama akan muncul adalah ketika membuat konten dengan memanfaatkan konsep isian form, misalnya profil seseorang.

Alhamdulillah saya berhasil mengakali kesukaran tersebut dengan memakai plugin Types - Custom Fields and Custom Post Types Management buatan brucepearson, AmirHelzer, Srdjan, mihaimihai yang tersedia di http://wordpress.org/plugins/types/...

Cara pertama adalah Install Plugin dilanjutkan pengaktifan.



Kedua, klik opsi Custom Field sehingga tampil kotak dialog berisi daftar custom field yang pernah dibuat. Jika belum pernah maka daftar tersebut kosong. Untuk membuat custom field baru, klik Add a custom fields group.

Langkah yang ketiga ialah isi nama custom field. Nama custom field ini akan tampil sebagai judul kotak isian form. Oh ya, custom field ini sifatnya grup sehingga akan berisi sejumlah isian field. Atur pula pemakaiannya, apakah di Post, Page, Media dll, bial perlu atur pula penggunaannya pada category tertentu.

Ketika grup telah dibuat tinggal menentukan isi grup tersebut. Inilah langkah yang keempat, yaitu membuat daftar isian form-nya. Masing-masing dibuat dengna meng-klik jenis data yang akan dipakai pada kotak ... . Lalu akan muncul sebuah box yang harus diisi nama dan slug-nya. Beri nama dengan unik.

Sebagai langkah keenam, pada template versi php, letakkan code berikut sebagai tempat menaruh hasil isian form tersebut.


Langkah yang ke...ketujuh ialah membuat Post seperti biasa. Pada pengisian konten Post, di bagian bawah akan tersedia kotak pengisian konten berdasarkan form yang telah dibangun tadi. Isi sesuai pilihan hati anda, yakinlah yang terbaik demi masa depan anda #apaandah =_-

Sekarang, save lalu View Post jrengjrengggg
*sengaja nggak ada screenshot hasilnya...biar kalian penasaran mencoba :)

Nah, benar kan... "di balik kesulitan ada kemudahan" :)

No Response to "Custom Field Review Plugin"