Rock the Vote Indonesia, wewww

Awalnnya hendak "agak" iseng jalan-jalan ke Depok, tepatnya UI. Pas lewat danaunya kok kayak ada lagi ramai acara. Berbekal kep, ternyata itu Rock The Vote Indonesia, beuhh naon ieu teh?


Rock the Vote Indonesia bisa dibilang kampanye untuk menggelorakan semangat aktif berpartisipasi dalam pemilu dengan sasaran anak muda, khususnya usia 17-29 tahun *cmiiw


Kenapa sasarannya anak muda? Diperkirakan 15 pemilih dalam Pemilu berada di usia ini sedangkan kenyataannya justru di usia ini tingkat apatisme tinggi. Dan kenyataannya anak muda saat ini didominasi karakter anti-politik, politik dianggap menjijikan, padahal pemilu sebagai agenda politik nasional memegang peranan penting yang menentukan berbagai sendi kehidupan, termasuk pendidikan hingga kebudayaan. Acara yang dimotori oleh CEPP FISIP UI ini sendiri mengedepankan sosialisasi sekaligus penanaman sikap peduli mengenai kehidupan berpolitik.
 Salah satu keberanian yang penuh risiko dalam penyelenggaraannya di UI ini adalah Parpol Fair, yaitu semacam bazaar dengan diisi oleh booth partai-partai politik yang akan berlaga di Pemilu 2014 ini. Memang tidak semua parpol hadir, namun suasana ramai tetap tidak bisa dienyahkan dari pinggir danau ini. Kekurangan yang tampaknya perlu diperbaiki adalah informasi kepada khalayak batasan apa saja yang boleh yang tidak terkait kampanye terselubung dalam event ini, atau jangan-jangan memang nggak ada aturannya y? hehee


Dan menurut saya, Rock the Vote Indonesia ini merupakan contoh implementasi tri dharma perguruan tinggi, khususnya yang kedua dan ketiga, kenapa? Ini merupakan wujud riset di bidang politik dan diterapkan manfaatkan kepada masyarakat.


Bisa dibilang numpang lewatnya saya di acara Minggu kemarin di UI itu adalah kebetulan yang mengasyikan ^^

No Response to "Rock the Vote Indonesia, wewww"