Bienvenu Islande, Albanie, Irlande du Nord, Pays de Galles, Slovaquie, Autriche

Seluruh laga kualifikasi Piala Eropa 2016 telah dituntaskan. Kejutan terbesar yang terjadi sudah jelas. Tidak ada si Oranye, Belanda, di Euro 2016 tahun depan. Kejutan yang keterlaluan karena dari 6 peserta di grup tersebut, ada tiket otomatis dan 1 tiket play-off. Di luar itu semua, 5+1 negara akan memulai debutnya di turnamen ini. Siapa saja mereka?
Islandia
Ini dia negara yang menggasak keperkasaan Ceko, Turki, dan tentunya Belanda. Sukar dipercaya memang, namun negara yang paling terpencil lokasinya dari Eropa daratan ini menjadi negara pertama yang harus "googling" hotel di Prancis.

 Selebrasi timnas Islandia (sumber: indianexpress.com)
Albania
Negara ini memantik perhatian dunia lewat kerusuhan antarpemainnya dengan Serbia. Memang harus diakui bahwa konflik negara pecahan Yugoslavia masih membara. Tapi selepas laga itu, Albania membuat Denmark dan Portugal was-was.
Selebrasi timnas Albania (sumber: www.foxsports.com)

Irlandia Utara
Bukan sosok George Best yang membawa lolos Irlandia Utara ke putaran final Piala Eropa. Melainkan kolektivitas antarpemain yang jujur tidak ada yang saya ketahui siapa pemainnya saat ini. Sebagai info, Irlandia mencetak sejarah dengan sangat manis. Mereka menjadi juara grup dengan status sebagai tim dari Pot 5 alias tidak diunggulkan. Woww

Selebrasi timnas Irlandia Utara (sumber: www.mirror.co.uk)

Wales
Lolosnya Wales (dan Irlandia Utara) tentu membuat berang Skotlandia, negara asal Britania Raya satu-satunya yang gagal lolos ke Prancis 2016. Harus diakui bahwa saat ini adalah momen bangkitnya Wales pasca-era Ryan Giggs dengan aktor utamanya Gareth Bale. Bahkan Wales menempati pot unggulan atas di undian Kualifikasi Piala Dunia 2018.
 Selebrasi timnas Wales (sumber: bbc.co.uk)

Slovakia
Sejak "cerai" dari Ceko dalam Ceskoslovakia, negara ini konsisten alfa dari putaran final Piala Eropa. Ini adalah pertama kalinya mereka lolos. Menarik untuk dinantikan, apakah mereka akan membuat kejutan seperti saat menjungkalkan Italia di Piala Dunia 2010.

 Selebrasi timnas Slovakia (sumber: gettyimages.com)


Austria
Mungkin negara yang satu ini tidak murni lolos sebagai debutan karena ini adalah kiprah kedua mereka di Piala Eropa. Tapi mengingat status saat Euro 2008 adalah tuan rumah, maka kelolosan kali ini jelas sangat bersejarah. Austria (bersama Swiss) mencatat prestasi buruk berupa tuan rumah pertama yang gagal lolos grup di putaran final. Kita lihat sejauh mana mereka menebus dosa itu.

Selebrasi timnas Austria (sumber: www.mid-day.com)

Ngomong-ngomong, kualifikasi kali ini memang penuh kejutan. Dari 6 pot yang menjadi kelas pembeda kualitas. Ada 1 negara yang lolos dari pot 4, yaitu Wales. Sementara itu ada 3 negara yang lolos dari pot 5, yaitu Wales, Albania, dan Islandia. Kejutan yang gurih karena negara di pot 1 sudah beberapa tumbang, yaitu Belanda dan Yunani. Kini tinggal ada empat tiket tersisa yang diperebutkan oleh 8 negara, yaitu Bosnia and Herzegovina, Ukraina, Irlandia, Slovenia, Hungaria, Swedia, Norwegia, dan Denmark. Dari kedelapan negara itu, hanya Bosnia and Herzegovina yang belum pernah tampil di panggung final Piala Eropa, apakah mereka akan mengikuti jejak 5+1 negara debutan di atas?

No Response to "Bienvenu Islande, Albanie, Irlande du Nord, Pays de Galles, Slovaquie, Autriche"