Jalan-Jalan UPI Ledeng

Sabtu lalu (12/3) mendadak diajak mengantar Bang Inggar Saputra ke UPI kawasan Ledeng. Sebetulnya saya pernah masuk ke kawasan UPI, bahkan mengikuti aktivitas keormawaannya, namun itu yang PGSD kawasan Cibiru, sedangkan yang di Ledeng ini baru pertama kali saya masuki. Kagum melihat eksotisme nuansa hijau yang sejuk plus arsitektur yang sederhana namun asri.

Salah dua yang menyita perhatian saya adalah keberadaan menara di gedung FPMIPA dan juga keberadaan sekolah laboratorium. Menara di gedung FPMIPA ini konon hasil kerja sama dengan Jepang. Bentuknya pilinan yang berpola geometris, ada di foto pojok kanan. Sepintas mirip Menara Pisa, hanya saja tegak dan tampak kokoh menyangga bangunan di sekitarnya. Terdapat lift di salah satu menara dan tangga di menara lainnya. 

Sekolah laboratorium? Ya, ini adalah lembaga pendidikan resmi yang juga berfungsi sebagai lahan riset plus pengabdian masyarakat bagi civitas akademika UPI. Jenjangnya dimulai dari TK hingga SMA. Agaknya sinergi antara sekolah ini dengan UPI perlu dicontoh oleh Telkom University.

No Response to "Jalan-Jalan UPI Ledeng"