Jadwal dan Analytics Tools #SoMed

Setelah lama tidak bersua, kali ini penulis akan kembali mengocehkan tentang #socmed, namun lebih pada ranah teknis, yaitu penjadwalan dan berbagai alat bantu untuk melakukan analisis.

Pertama dari segi penjadwalan
Penjadwalan memegang peranan fundamental karena dengan penjadwalan yang "tepat" maka keterikatan dengan follower/like fans dapat terbangun. "Tepat" di sini mengacu pada kesesuaian konten dan waktu pelaksanaannya. Dua hal ini tidak dapat dipisahkan, sehingga perlu pemahaman mengenai kondisi, tingkah laku, maupun kebiasaan follower/like fans. Seenaknya dalam berkomunikasi di social media tanpa jadwal yang tepat, baik secara waktu maupun konten, akan menghambat keterikatan dengan follower/like fans

Melalui penjadwalan, administrator memperoleh manfaat berikut :
  • Mempunyai rancangan isi/konten pembahasan sehingga meminimalisasi habisnya topik obrolan
  • Mencegah penumpukan beberapa info di waktu bersamaan maupun kekurangan info di waktu lainnya
  • Penyampaian informasi sesuai dengan kondisi/perilaku follower/fans like
  • Untuk akun dengan beberapa admin, pembagian tugas dapat dilakukan jauh-jauh hari
  • Tolok ukur keberhasilan akun twitter/facebook dalam menjalin ikatan dengan follower/fans like


Penjadwalan dapat dilakukan dalam rentang waktu tertentu, misalnya berdasar hitungan jam, harian, pekanan, bulanan, atau bahkan tahunan. 
Dalam pengelolaan social media, alangkah baiknya ketika administrator mengetahui prime time, yaitu waktu terjadinya keramaian social media. Hal ini bertujuan untuk memperbesar kemungkinan follower/fans like menerima informasi yang disampaikan, bahkan dengan adanya fasilitas retweet dan share, maka informasi yang disampaikan via twitter dan facebook mempunyai potensi besar untuk semakin disebarluaskan.

Ada berbagai cara untuk menyusun jadwal, berikut diantaranya:
  • Buatlah jadwal secara tertulis sebagai checklist dalam melaksanakannya
  • Tentukan jenis-jenis penyampaian informasi, misalnya kapan akun hanya sekedar menyapa, kapan akun menyampaikan informasi ringan, kapan menyampaikan informasi berat dsb
  • Plotting jenis-jenis tersebut berdasarkan kelayakan waktu dan kondisi/perilaku follower/fans like
  • Untuk memperkuat analisis, gunakan berbagai alat bantu (dijelaskan di bawah)
  • Buat target kuantitatif sebagai cara untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dalam menyampaikan informasi, misalnya tiap kali ngetwit minimal dapet 10 respon (entah di-RT, mention, dijadikan favorite dll). Dengan demikian informasi maupun hal-hal lain yang dituturkan melalui socmed merupakan sesuatu yang mempunyai kualitas, bukan sekedar asal nyeplos. Dari sini pula dapat dilakukan evaluasi terhadap berbagai kekurangan yang mungkin timbul dalam pengelolaan socmed
Sebuah contoh penjadwalan dalam mengelola social media



Kedua tentang Analytics Tools
Mengenai alat bantu dalam mengelola facebook/twitter, saat ini sudah tersedia berbagai macam dengan berbagai keunggulannya, antara lain :
  • Facebook Insight

Disediakan langsung oleh facebook dengan informasi secara umum berupa lokasi geografis pengakses, gender pengakses, usia pengakses, masing-masing disertai jumlahnya.

  • Tweriod
Dengan alamat http://www.tweriod.com/ informasi yang diberikan tersedia dalam grafik sehingga memudahkan pemahaman secara umum mengenai traffic yang terjadi. Ada versi free dan juga premium (bayar hehee). Overall, aplikasi ini saya rekomendasikan karena proses sign up-nya yang simpel dan interface relatif teratur. Bahkan ada segmentasi jenis hari, yaitu weekdays, weekend, Sunday, dan kombinasi, cocok untuk yang membutuhkan rujukan bagaimana menyusun jadwal yang lebih ramai di akhir pekan :).

  • Twitonomy
Beralamat di http://www.twitonomy.com, aplikasi ini menyediakan fitur yang relatif banyak dan say juga merekomendasikannya. Berikut beberapa hasil penampakan yang sukses didapatkan dari aplikasi ini:


Peta persebaran RT dan Mention

Follower Twitter yang terhitung paling aktif secara data kuantitatif

  •  Aplikasi lain sebenarnya banyak, namun umumnya berbayar, dannnnnn karena anggarannya maka hehee...
Well, semoga bermanfaat ilmu yang pagi ini saya ketik, semangat pagi dan mari manfaat ICT untuk kebaikan ^_^

3 Response to "Jadwal dan Analytics Tools #SoMed"

Adel Jopong mengatakan...

Thank you for helping post. very helpful ..


ST3 Telkom

Unknown mengatakan...

makasih infonya
ST3 Telkom


Unknown mengatakan...

terimakasih atas informasinya..



ST3 Telkom