Setidaknya Jangan Mengeluh

Boleh jadi masalah banyak
Tapi tidak perlu cengeng dan merasa jadi orang paling memelas sedunia
Setidaknya jangan mengeluh

Kenapa jangan mengeluh?
Satu, itu tidak memberi solusi. Adakah problematika di dunia ini yang langsung terselesaikan dengan cara mengeluh? Rasanya tidak tidak. Eh kan kadang kita perlu curhat untuk menenangkan diri, itu solusi donk? Dua hal itu jelas berbeda. Mengeluh hanya menambah ketidaktahukan kita terhadap masalah.

Dua, menunjukkan kelemahan diri. Memang, pada dasarnya manusia itu lemah, tapi bukan berarti kita pasrah menjadi insan yang lemah dan diperdaya kondisi. Kita harus menguatkan diri sendiri, salah satunya adalah dengan tidak mengeluh. 

Tiga, tidak semua orang suka mendengar keluhan. Silahkan disurvey berapa persen oang yang satu rekanan kerja, satu organisasi, maupun satu apalah, berapa persen yang senang hati mendengar keluhan, mana yang masa bodoh, serta mana yang kesal mendengar keluhan. Bahkan ketika hanya ada satu orang yang tidak suka mndengar keluhan kita maka dia berpotensi tertular menjadi pengeluh yang mengeluhkan sikap kita yang mudah mengeluh. Artinya kamu "sukses" mengkader seseorang menjadi pengeluh. Dan orang yang tidak suka dengan kelakuan kita yang mudah mengeluh inilah yang juga berpotensi menghasut orang lain untuk membenci kita.

Empat, memancing permusuhan. Mengeluh lazim terjadi ketika ketidaksukaan kita terhadap kondisi yang terjadi dan ujung-ujungnya kita mencari kambing hitam terhadap apa yang kita keluhkan. Ketika kambing hitam sudah ditemukan maka sulit untuk menjadi manusia yang berjiwa pemaaf, bahkan cenderung mencari orang yang sama-sama tidak suka dengan orang yang menjadi kambing hitam kita untuk bekerja sama menjatuhkannya.

Lima, awal dari tidak bersyukur. Stress lantaran tugas kuliah padet lantas mengeluh, padahal di saat yang sama ada teman seusia yang harus mencai nafkah dan merelakan diri tidak menikmati bangku kuliah. Kurang baik apa coba kita diberi anugerah yang disertai ujian yang wajar dari Allah, tapi justru kita menganggap Allah pilih kasih dalam memberi ujian.

Solusinya gimana bro?
Ketika berbagai masalah muncul, fokus dalam mencari solusinya dan jika solusinya berupa faktor komunikasi maka selesaikan dengan baik-baik. Hilangkan kebiasaan mencari kambing hitam. Biasakan untuk istighfar dan jangan mengeluh. 

Sulit? Mulai dengan mengurangi kebiasaan mengeluh.

No Response to "Setidaknya Jangan Mengeluh"