GuestLecture: Ivan Lanin

Salah satu web yang sering kunjungi untuk mempelajari perkembangan informasi dunia adalah Wikipedia, termasuk di dalamnya Wikipedia versi Indonesia. Tak ternah terbayangkan siapa di balik sosok Wikipedia Indonesia itu bakal jadi dosen tamu dengan materi yang sepintas susah, padahal sangat sudah banget, yaitu Mempergunakan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar (28/11).

Penampilan Ivan Lanin, dosen tamu tersebut, jauh dari kesan sombong. Hehee, sebagai catatan, beliau adalah alumni dari MTI UI dimana beliau angkatan 2009-SC.


Mas Ivan pada perkuliahan tamu tersebut mengulas dengan gamblang, rinci, plus interaktif mengenai pemakaian tata kelola (beuhhh) berbahasa Indonesia. Yang lebih menarik, itu semua dikaitkan dengan penulisan tesis, ya istilahnya sesuai kontekslah.

Bayangin aja, nanya tentang gimana make huruf kapital, spasi, margin, hingga tulisan kasus ini dalam dalam kondisi itu yang menuntut sana, ah dan itu dijawabnya dengan detail. Bahkan Pak Riri menimpali bahwa beliau menjadi mahasiswa MTI pertama kali yang tidak ada catatan kesalahan penulisan format dan ejaan di tesisnya #SuperDuperRespect

Oh ya, beliau juga memberi saran bagi kami mahasiswa MTI untuk merelakan waktu menggali fitur-fitur di Microsoft Word berkaitan dengan penulisan karya ilmiah. Memang agak lucu anak S2 kok masih belajar Word, tapi justru di situlah teknis untuk memudahkan diri sendiri dalam penyusunan tesis, termasuk menghindari kemungkinan plagiat yang tidak sengaja.

No Response to "GuestLecture: Ivan Lanin"