Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Menulis daftar pustaka satu per satu saya akui merupakan hal terpayah yang pernah saya lakukan di masa lalu. Ciee, ceritanya menyesali masa lalu ciee wkwkwk...
Kenapa demikian?
Kepala akan sempoyongan ketika harus berhadapan dengan tenggat waktu yang mepet serta jumlah sumber yang sangat banyak. Risiko mengetik satu per satu adalah kemungkinan ada yang tidak tertulis sehingga karya tulis kita bisa dianggap plagiat. Selain itu, penambahan sumber ataupun pengubahan nama pengarang, judul, tahun dll, akan menyebabkan kita harus menuliskannya lagi dengan cara mengeceknya satu per satu dari atas.

Lha terus kepiye?
kabar gembira untuk kita semua kawan :)
(dari dulu) Microsoft Word ada fitur penyisipan referensi lho...
(dan gue baru tahu di tahun 2014) how kuper I am  :/

Berhubung sekarang udah tahu, maka nggak ada salahnya ikut menyadarkan orang-orang yang tersesat (kayak saya dulu) biar bisa menulis lebih efektif lagi.

Pertama kita lihat sumber/referensi yang menjadi patokan kita, misalnya buku berikut ini

Buku yang bermanfaat nih :)

Nah, ini ceritanya bagian yang akan kita kutip, tentang definisi Planning

Kita paparkan definisi tersebut di dalam Microwosft Word. Di akhir kalimat, kita pilih References, lalu ambil opsi Insert Citation -- Add New Source
Sebagai informasi, yang perlu kita pahami adalah teknik pengutipan yang menjadi acuan kita, apakah APA, ataukah metode lainnya.

Kita ketikkan identitas referensi tersebut, jangan lupa pada Type of Source pilih jenis referensi yang sesuai.

Nah, kalau teman-teman ingat, penulisnya kan lebih dari satu tuh. Nggak usah galau, pilih Edit di samping kolom Author
Tambahkan identitas pengarang berikutnya

Ini contoh yang sudah lengkap, akhiri dengan OK, oh ya, jangan lupa say 'Alhamdulillah'

Jrenggggg... muncullah identitas pengutipan di akhir kalimat/paragraf tadi. Bukan sulap, bukan sihir, bukan ketok magic, hanya kesungguhan *tsaah *lempar_poni

Bagaimana dengan penulisan segala referensi yang kita pergunakan di bagian daftar pustaka? Berikut caranya Kawan :)

Pada halaman yang menjadi lokasi daftar pustaka, pilih References, lalu ambil opsi Bibliography, kemudian klik jenis penulisan daftar pustaka yang menjadi acuan Kawan-Kawan sekalian.
Daripada menghabiskan waktu bermenit-menit hingga berjam-jam, tentu cara ini lebih praktis. Bayangin donk waktu yang dihemat bisa buat jalan-jalan refreshing, main game, atau bahkan (yang lebih disarankan) beberes kosan hehee

Dan inilah hasil penampakannya.


Ketika teman-teman menambahkan referensi baru, maka caranya seperti di atas tadi. Dan jangan lupa ini klik kanan, lalu pilih Update pada kotak Daftar Pustaka/References untuk memutakhirkan kontennya.


Selamat mencoba Kawan :)

2 Response to "Membuat Daftar Pustaka Otomatis"

Anonim mengatakan...

kalo banyak pengarang, pake (et all) menggunakan metode APA ini bagaimana caranya kakak?

ve mengatakan...

hoooiyaa...kek mana itu caranya bos??