Kurikulum 2016 di Informatika Unitel

Siklus transformasi kurikulum ternyata juga tengah berlangsung di Universitas Telkom. Ya, dengan masa berlaku empar tahun terhitung 2012 lalu, maka tahun 2016 ini menjadi titik evaluasi untuk menentukan formulasi yang tepat bagi mahasiswa di tiap program studi. Saya sendiri kurang paham mengenai ekosistem dunia kerja di luar program studi Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer, maka saya kurang mengerti juga dinamisnya faktor eksternal yang mempengaruhi pengubahan kurikulum di luar program-program studi tersebut. Khusus ketiga program studi tadi, situasi di dunia kerja sangat dinamis. Sebagai contoh, e-dagang alias e-commerce belum 'sepecah' sekarang. Saat saya lulus, Tokopedia masih merintis popularitas, bahkan Traveloka belum terdengar, tapi sekarang keduanya adalah dominator pasar dunia digital di Indonesia. Begitu pula perkembangan teknologi dari sisi jaringan, web programming, maupun intelejensi buatan. Bisa dibilang, susah untuk tidak mengubah kurikulum di tiga prodi tadi. Bahkan, jika regulasi memungkinkan, boleh jadi kurikulum di tiga program studi tersebut akan diisi dengan slot-slot SKS yang sifatnya bisa dimodifikasi di tengah jalan. Berikut ini sedikit analisis mengena kurikulum baru di Informatika.


Suasana kelas IPA akan direduksi seiring pemangkasan 'horor' Kalkulus I dan II serta Fisika I, II, dan praktikum yang total kelimanya 16 SKS menjadi hanya 3 SKS Kalkulus serta 3 SKS Fisika. Bagi para penggemar fanatik Probabilitas dan Statistika, jangan khawatir karena eksistensi mata kuliah satu ini masih tetap lestari jaya. Relasi kuat Probstat jelas lebih kuat pada beberapa mata kuliah yang sifatnya penerapan ilmu statistik seperti Penambangan Data dan Kecerdasan Buatan. Dunia digital yang semakin marak pun disikapi dengan tanggap melalui kehadiran duo mata kuliah baru, Pemprograman Web dan Model Bisnis Digital. Sebetulnya mereka tidak baru-baru amat sih, yanbg pertama sempat menjadi mata kuliah pilihan, sedangkan yang lainnya evolusi dari Internet dan Bisnis ICT.

Keberadaan Pemprograman Web di tahun kedua serta penempatan mata kuliah Struktur Data ke tahun pertama seolah menegaskan bahwa kompetensi 'ngoding' menjadi harga mati yang tolong jangan ditawar lagi jika ingin mendapat pengakuan sebagai sarjana dari program studi ini. Apakah ini terlalu 'keras'? Tidak. Saya merasa ini merupakan sebuah metode untuk mengarahkan mahasiswa Informatika agar memiliki jati diri atau profil yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Terlepas dari profesi bidang ICT yang luas dengan adanya peluang kerja yang tidak ngoding, tetap saja kompetensi 'ngoding' merupakan sebuah kemahiran yang patut dimiliki oleh seorang fresh graduate dengan ijazah dari program studi Informatika. Urusan softskill, rasa-rasanya tidak perlu ulasan lebih lanjut. Dengan dipertahankannya mata kuliah wajib yang asli produk kurikulum 2012, yaitu Keprofesian, yang fungsi sebagai pembuka wawasan calon-calon alumni sekaligus calon pencari kerja dan penjadi jodoh.

No Response to "Kurikulum 2016 di Informatika Unitel"