Review LiTIK Sesi 1


Debut mengajar di Universitas Telkom alhamdulillah lancar dengan mata kuliah baru, yaitu Literasi TIK di program studi Sistem Informasi. Pada pertemuan pertama alias sesi 1 LiTIK, saya membawakan Pengantar LiTIK. Topik ini diawali atas paparan mengenai definisi dan tujuan literasi informasi serta literasi TIK. Konsep definisi dan tujuan ini berangkat dari kemampuan mengelola perangkat digital sebagai bagian dari kemampuan berkomunikasi. Pertanyaan sederhananya, mengapa literasi TIK diperlukan sebagai bagian dari kemampuan berkomunikasi/ Jawabannya terletak pada kondisi TIK sebagai gaya hidup dimana banyak aktivitas sehari-hari yang sudah melibatkan TIK.




Selanjutnya saya cukup banyak menghabiskan durasi perkuliahan untuk membahas kelebihan dan kekurangan TIK. Hal ini saya sajikan dalam wujud studi kasus secara interaktif. Sebagian besar mahasiswa mampu menyuguhkan contoh-contoh yang sesuai. Hanya saja, contoh yang dihadirkan lebih banyak berkutat di bidang e-commerce, sedangkan penerapan TIK di bidang pemerintahan ataupun akademik masih belum perlu dipacu. Untuk bidang pemerintahan, barangkali hal ini disebabkan usia yang masih U-20 sehingga belum banyak berinteraksi atau mengobservasi layanan pemerintahan. Namun untuk penerapan di bidang akademik, hal ini perlu saya pertajam lagi mengingat mereka selama 8 semester sekarang dan nantinya berkecimpung sebagai akademisi.



Sebagai 'oleh-oleh' saat berkuliah di S2, saya menyisipkan materi tentang profil penggunaan internet di Indonesia. Semoga menginspirasi.


No Response to "Review LiTIK Sesi 1"