Mengintai Tren Riset

Riset merupakan hal yang dinamis, khususnya pada area TIK serta sosial demografi. Suatu topik yang sekitar 5 tahun lalu, bisa juga rrlatif awam dan kurang greget untuk didiskusikan saat ini. Malah di area TIK sudah mulai disinggung berbagai riset yang meramal bagaimana TIK sekian tahun mendatangkan. Tentu hal ini menjadi tantangan bagi seorang peneliti dan akademisi untuk menangkap tren riset yang sedang berlangsung, baik lingkup nasional maupun global.

Karena itulah, kita perlu dan dituntut rajin membaca berbagai publikasi ilmiah dengan maksud bisa memahami gejala apa yang tengah terjadi, khususnya di topik yang menjadi fokus kita. Bersyukurlah jika memiliki akses untuk membaca publikasi-publikasi tersebut karena di Indonesia hal ini masih jadi barang langka.

Dengan memahami tren yang sedang berkembang, peneliti dapat mengukur apa saat ini risetnya mampu memenuhi tantangan zaman, ataukah malah tertinggal. Kemudian, peneliti akan mampu berintrospeksi sejauh mana signikasi dan inovasi yang ada di risetnya dibandingkan tren riset-riset lain yang ada. Peneliti juga dapat mengetahui prospek implementasi risetnya di dunia industri. Lebih jauh lagi, secara kelembagaan peneliti akan dapat menangkap peluang kerja sama dengan lebih cepat.

Akademisi, baik yang merangkap sebagai peneliti ataupun tidak, pun kena getah manisnya. Tren riset jika mampu ditangkap dengan baik oleh mereka akan berpengaruh terhadap seberapa baru dan berkualitasnya materi ajar yang disajikan di ranah pendidikan. Dan inilah strategi bagi institusi pendidikan lokal untuk mengejar ketertinggalan di dunia global.

Semoga bermanfaat

No Response to "Mengintai Tren Riset"