Sesuaikan Tujuan

Tujuan adalah hal yang paling esensi tatkala kita terlubat dalam sebuah proses. Adakalanya tujuan kerap kalah oleh taktik yang sebetuknya hanya menjadi pemanis suasana. Ibarat makanan, tujuan ini nasibnya seperti kenyang yang justru kalah oleh lezat tidak bumbu, bahkan cara penyajian. Tidak ada yang salah dengan mengemas sebuah proses secara kreatif, justru di situlah kita bisa mengeksplorasi ide-ide segar sekaligus mengeksploitasi perhatian pihak yang menjadi target kita. Tapi segala rupa kreativitas tersebut, jangan pernah membuat kita ikhlas melupakan tujuan dari proses yang sedang dibangun

Begitu pula di dunia pendidikan
Kita dlam menyusun segala bentuk sajiab materi dan tentunya tugas harus berangkat dari tujuan yang telah ditetapkan. Aksesori berupa bentuk tugas yang dipadu unsur TIK ataupun pernak-pernik lainnya, itu hanya pelengkap dan seharusnha berperan untuk memudahkan mahasiswa mencapai target tersebut.

Namun target tidak melulu titik pusat
Maksudnya, target tidak melulu urusan materi secara kaku. Boleh jadi kita pun turut menetapkan hal-hal lain sebagai tujuan tidak langsung dari proses yang kita bangun. Misalnya sikap atau sopan santun ataupun "melek TIK". Ini bisa kita gusung juga sebagai hal yang patit dipenuhi oleh peserta didik dalam proses tersebut.

No Response to "Sesuaikan Tujuan"