1 Grup 4 Negara 4 Konfederasi

Trivia Piala Dunia 2014
Ada tiga grup di Piala Dunia yang bersumber dari 4 konfederasi yang berbeda, yaitu:

  • Grup A yang diisi Brazil (COMNEBOL), Kroasia (UEFA), Meksiko (CONCACAF), dan Kamerika (CAF)
  • Grup C yang diisi Kolombia (COMNEBOL), Yunani (UEFA), Pantai Gading (CAF), dan Jepang (AFC) dan secara geografis persis dari 4 benua
  • Grup F yang diisi Argentina (COMNEBOL), Bosnia-Herzegovina (UEFA), Iran (AFC), dan Nigeria (CAF) dan ini juga persis dari 4 benua.


Apakah ini pertama kali terjadi?

Di Piala Dunia 1930 s.d. 1938 tidak ada sistem grup maka jelas tidak terjadi satu grup diisi kontestan yang benar-benar berbeda benua. Sedangkan di rentang 1950 s.d. 1982 grup yang terjadi masih mempertemukan negara satu konfederasi/benua yang sama, tidak ada yang benar-benar unik.

Sejarah mencatat Piala DUnia 1986 di Grup B sebagai momen pertama kalinya sebuah grup diisi 4 negara berbeda asal konfederasinya, yaitu Meksiko (CONCACAF), Paraguay (COMNEBOL), Belgia (UEFA), serta Irak (AFC).

Dan perlu 12 tahun untuk memunculkan kondisi serupa dimana pada Piala Dunia 1998 di grup H berkumpullah Argentina (COMNEBOL), Kroasia (UEFA), Jamaika (CONCACAF), serta Jepang (AFC). Empat tahun berselang Piala Dunia 2002 di Korea Selatan-Jepang menghadirkan kisah dimana Brazil (COMNEBOL) menjajal Turki (UEFA), Kosta Rika (CONCACAF), serta Tiongkok (AFC).

Gejala ini kembali berlanjut tatkala Portugal (UEFA) memuncaki klasmen Grup D Piala Dunia 2006 di Jerman setelah memngangkangi Meksiko (CONCACAF), Angola (CAF), serta Iran (AFC). Tak cukup di grup D, di grup F pun jadi lahan bagi Brazil menjamu Australia (OFC), Kroasia (UEFA), serta Jepang (AFC). Ini berarti terdapat dua grup dengan komposisi persis 4 klub asal 4 konfederasi berbeda.

Frekuensi fenomena demikian meningkat di Afrika Selatan 4 tahun silam dengan jumlah 3 grup. Pertama grup A yang dihuni Uruguay (COMNEBOL), Meksiko (CONCACAF), Afrika Selatan (CAF), serta Prancis (EUFA). Disusul grup B berisikan Argentina (COMNEBOL), Korea Selatan (AFC), Yunani (UEFA), serta Nigeria (CAF). Dan terakhir grup G yang membaurkan Brazil (COMNEBOL), Portugal (UEFA), Pantai Gading (CAF), serta Korea Utara (AFC). Khusus grup B dan G, keempatnya murni dari 4 benua berbeda hehee.

Sebagai catatan, komposisi negara di tiap grup yang disampaikan tadi (kecuali untuk Piala Dunia 2014 tentunya) berdasarkan peringkat akhir. Artinya Di Piala Dunia 1986 s.d. 2006 benua Asia alias AFC selalu tampil sebagai juru kunci ketika bersaing dengan negara-negara dari benua/konfederasi lain. Pengecualian terjadi di 2010 dimana Korea Selatan tampil sebagai runner up Grup B Piala Dunia 2010.



So, menarik untuk disimak apakah Iran 2014 dan Jepang 2014 akan mengulangi nasib Irak 1986, Jepang 1998, Tiongkok 2002, Iran 2006, serta Jepang 2006 ataukah melanjutkan kisah inspiratif Korea Selatan 2010?

No Response to "1 Grup 4 Negara 4 Konfederasi"