2 Minggu

2 Minggu??
Masih hangat isu e-government diserahkan ke programmer 2 minggu kelar oleh seorang capres. Konteks di sini bukan untuk menjatuhkan pendapat salah seorang kandidat, tidak ada unsur politis di sini. Yang lebih disoroti tentunya substansi dari statement tersebut. Dari berbagai pro dan kontra yang muncul ternyata mengapungkan sejumlah isu unik, baik pro, kontra, hingga yang masih fuzzy opinion hehee:v.

Kesimpulan yang bisa ditarik:
1. Skala waktu 2 minggu akan berdampak erat pada seberapa besar item yang harus dikerjakan. Jika memulai dari 0 untuk dipakai nasional oleh seluruh pemerintah di Indonesia, maka jawabannya kurang riil. Bisa jadi akan lain cerita jika sifatnya pengembangan fitur. Bisa lain cerita pula ketika kick-off dua minggu dilakukan sesuai waktu yang ditandatangani di kontrak namun produk sudah dibuat jauh-jauh hari dan (sudah diprediksi) bahwa saat kick-off dimulai item yang belum selesai sudah sedikit dan selesai dalam dua minggu.

2. Adanya mosi tidak percaya dimana budaya "main belakang" ala oknum di kepemerintahan masih membuat orang ragu terhadap komitmen pemerintah membangun e-government. Kenyataannya memang begitu, ga cuma di proyek IT, proyek non-IT juga kerap jadi lahan basah buat ini ituh. Tak heran kedekatan personel membuat sejumlah proyek IT sukses dimainkan dengan berbagai taktik. Jika yang ditanam jeruk, apa iya tumbuhnya apel?

3. Semua yang terkait dengan IT dianggap programmer. Hehee, yang disinggung di situ programmer, ya kalau begitu, kapan kerjanya si analis, desainer, tester di dalam proyek e-government ya? Dan kebiasaan yang sering terjadi beberapa proyek IT, termasuk yang melibatkan pemerintah, pemangkasan SDM kerap dilakukan dimana urusan hulu s.d. hilir dipegang oleh orang yang sama. Alasan penghematan, penghematan yang lupa bahwa orang IT juga ada spesifikasinya.

4. Pembuatan software tidak seperti hitungan matematika dimana menambah orang sebanyak mungkin akan menjadikan waktu pengerjaan lebih cepat.

5. Paradigma sebagian orang berpikir bahwa software (termasuk e-gov) adalah pemuas kebutuhan secara instan. Proses di dalamnya? Ah nanti dulu

6. Sudah mulai ada yang melirik IT sebagai solusi dalam tata kelola pemerintahan.

No Response to "2 Minggu"