Soal Jumlah Karyawan vs Gaji

Ini sebuah kasus yang pernah saya lontarkan saat Fit and Proper Test calon Presma-Wapresma BEM KBM IT Telkom di medio Desember 2012. Saat itu ada sebuah poin yang dikaitkan dengan perspektif terhadap sosial kemasyarakatan. Inspirasinya diperoleh dari mata kuliah SPPK (SPPK-nya nggak mbahas informatika, tapi perpolitikan).

Deskripsi dari grafik tersebut ringkasnya begini
Sebuah perusahaan mempunyai alokasi gaji sekian rupiah. Sekian rupiah tersebut jika dibagi ke dalam jumlah karyawan yang banyak maka gaji tiap orang sedikit. Kemudian muncullah sikap dari asosiasi pekerja/karyawan menuntut kenaikan gaji. Padahal jika dana yang tersedia untuk menggaji karyawan sifatnya tetap. Jika gaji per karyawan naik maka jumlah karyawan mau tidak mau harus dikurangi. Artinya itu akan menimbulkan PHK yang (boleh jadi) massal. Nah lho...

Jujur dari dua pasangan saat itu tidak ada yang bisa memberikan jawaban yang jelas. Keduanya muter-muter pada jawaban diplomatis. Kalau saya yang ada di posisi mereka tentu sudah kelabakan wkwkwk.... Memang, saya akui ini pertanyaan yang masyaAllah dilematis sulit di jawab :)

Mungkin kawan-kawan ada yang punya solusi??

No Response to "Soal Jumlah Karyawan vs Gaji"