Ctrl+F Batam+IT

Ceritanya dikasih assignment untuk mencari nama yang cocok diundang ke acara Sosialisasi Portal IK di Kota Batam dengna constraint berupa subsektor teknologi informasi. Batam ya? Emang ada apa ya di sana? bidang IT ya? Kenapa nggak Bandung, Jogja, atau Surabaya? Kurang lebih begitulah gugam saya di awal assignment ini. Dengan demikian beberapa alternatif yang bsia diambil adalah dari kalangan bisnis, baik korporasi mapan maupun start up, bisa juga dari kalangan akademisi, bisa pula riset.

Hari pertama searching dengan kata kunci "IT" dan kota Batam. Nemu berbaga website yang memeprtemukan kata-kata kunci tadi, diantaranya direktori penanaman modal, dinas komunikasi dan informatika, dan berbagai direktori perusahaan yang berdomisili di Kota Batam. Mulai absurd, ketika coba menyusun mind map (lama kelamaan saya makin menyadari bahwa kecenderungan say aadalah kecerdasan visual, aya walau saya nggak cerdas-cerdas amat :v). Mind map itu berisi garis besar antara potensi, arahan strategis, kebutuhan dan penawaran antara Cetak Biru Ekonomi Kreatif, Kota Batam, perkembangan TI di Indonesia. Masih buntu juga, apalagi dateline ngoding juga memenuhi sticky notes saya, khususnya terkait lomba klip yang bakal dihelat di Showcase IK. Ah coba cari di YouTube dengan kata kunci yang sama. Aduh rekomendasi yang kelaur adalah berbagai pagelaran "ajeb-ajeb" di Kota Batam, lhaaaa =___________=

Esoknya mendadak tanpa sengaja saya menyadari bahwa trend IT saat ini yang menjadi keunggulan di Indonesia ada di dua poin, pertama mobile phone dan yang kedua adalah konten. Mobile phone hmmm... konten ya? hmmm. Eh kenapa nggak coba ngelacak ada nggak ya karya orang Batam di bidang mobile phone atau at least produk IT di mobile phone (khususnya Android, Win-Phone, iOS, dll) yang kontennya tentang Batam. Jreng jreng jrengggg. Langsung hajar bleh... Kenapa mendadak kepikiran hal itu? Untuk opsi pertama (orang Batam yang berkarya di bidang mobile phone) merupakan inspirator bahwa kalau mau tekun maka sangat bisa lho Indonesia merajai mobile phone sebagai produsen aplikasi. Sedangkan di opsi kedua lebih menyoroti adanya kreativitas konten yang mengangkat Kota Batam dengan seagala potensinya untuk dipromosikan.

Di browser sudah terbuka satu tab pencarian aplikasi Windows Phone, satu tab pencarian di Android, dan satu pencarian di iOS. Kali ini fokus di kata kunci Batam dengna harapan ruang lingkup pencariannya kalau nggak asal usul developer-nya yang dari Batam ya nama aplikasi/kontennya tentang Batam. Dan hasilnya yeaaaayyy Alhamdulillah dapat banyak sekali aplikasi dengan nama "Batam bla bla bla". Dikepoin satu per satu aplikasi itu oleh saya *naluri kepo saya agak tinggi*. Ada produk lokal ada pula produk asing. Dan munculs ebuah nama berinisial AS.

Si AS ini ternyata produktif banget menciptakan aplikasi di Windows Phone dan Android, dua produk mobile phone yang sedang meraja di Indonesia. Ternyata banyak produknya yang memiliki konten Batam dan Kepulauan Riau. Nyari profilnya di linkedin dan Google ternyata dia orang Batam yang pernah kuliah di Malaysia dan sangat gemar riset di bidang IT, khususnya perceptual computing. Produsen aplikasi IT tentang Batam dan asalnya dari Batam. OK klop banget dan langsung saya buat resume profilnya. Semoga di-acc dan bisa memperoleh kesempatan untuk mengontak dia lebih lanjut.

Hikmah dari pencarian ini:

  • Miliki profil yang baik agar ketika ada yang membutuhkan personal dengan kemahiran yang kita punya, maka orang itu bisa menemukan kita. Dan harus diakui si AS ini memiliki portofolio yang jelas dan terstruktur rapi.
  • Dalam mencari tokoh untuk sebuah acara, tentukan ruang lingkup, tujuan serta hal-hal lain yang menentukan kecocokan spesifikasi tokoh tersebut.
  • Uletlah dalam berupaya, yakinlah Allah akan menghadirkan solusi yang spesial.

No Response to "Ctrl+F Batam+IT"