Provocative Matchday

FC Barcelona versus Athletico Bilbao di Camp Nou
Jelas dari tajuk laga ini sudah bisa dipastikan bahwa Barcelona bakal mengenakan kostum home merah-biru (yang khas kota Barcelona) dan Bilbao mungkin mengenakan away atau boleh home. Dalam beberapa musim belakangan, malah laga tersebut ketika dipentaskan di Camp Nou pun tetap membuat Bilbao memakai jersey home mereka merah-putih (dan celana hitam). Faktor kebanggaan sebagai bagian dari 3 klub paling bersejarah di La Liga agaknya membuat FC Barcelona, Real Madrid, dan Athletico Bilbao ketika berlaga di kandang siapapun bakal tetap memakai jersey home.

Namun pertama kalinya pula dalam sejarah di stadion ini, Barcelona mengenakan jersey away di laga home mereka. Walau demikian, pemilihan jersey away ini sangat mengundang kontroversi, kenapa demikian??

Sumber: dailymail.co.uk


Musim ini Barcelona tetap mempergunakan merah-biru vertikal sebagai warna utama di jersey home-nya, kemudian merah jambu jenis "peachy" sebagai warna away, dan jersey third sendiri berwarna kuning. Tapi yang dipilih Barcelona untuk laga ini justru merah-kuning yang notabene jersey musim lalu. Jelas sebuah opsi yang sangat berisiko mengingat warna itu merupakan "implementasi" dari bendera senyera yang merupakan lambang pergerakan otonomi Catalan terhadap kerjaan Spanyol, bahkan bukan rahasia lagi bertujuan mendirikan negara merdeka lepas dari Spanyol.

Nuansa provokatif makin kental menyaksikan Bilbao yang justru memilih memakai jersey away mereka, yaitu warna hijau. Ada apa dengan Bilbao dan hijau? Sudah bukan rahasia lagi pula bahwa dataran Basque yang berbatasan dengan Prancis juga memiliki kepentingan yang sama dengan eprgerakan di Catalan, yaitu otonomi, bahkan mengarah ke arah kemerdekaan. Silakan pula cari sejarah tentang dua tim yang berstatus (nyaris) negara walau tidak diakui PBB dan FIFA, yaitu tim nasional Catalan dan Basque? Kedua tim ini masing-masing memiliki jersey home berwarna merah-kuning dan hijau. Dan kedua tim ini walau terhitung rival, namun jangna tanyakan solidaritasnya, sangat kompak dan saling mendukung.

Jelas bukan kebetulan jika yang dipertontonkan adalah jersey merah-kuning yang notabene jersey away (tepatnya away musim lalu) oleh Barcelona di kandang mereka sendiri dan jersey hijau hijau oleh Bilbao.

Usut punya usut, memang hal ini dikarenakan memperingati sebuah momen bersejarah di wilayah Catalan pada 11 September sebelumnya. Silakan dicari sendiri ada apa di 11 September itu o_O

No Response to "Provocative Matchday"