Silaturahim Himmpas UI

Wadah muslim untuk mahasiswa S2, merupakan organisasi yang saya cari ketika awal masuk di Fasilkom UI. Lantaran tidak menemukan dan malah berpapasan dengan info rekruitasi FUKI Fasilkom, maka saya pun mantap bergabung dengan FUKI walau di dalam ekosistem tersebut, hanya saya seorang yang ber-S2, lainnya S1. Seiring proses adaptasi penuh keceriaan nan memesona (biar pas ama taglina FUKI 2014 #CintaMemesona), muncullah sebuah tantangan bersama untuk membuat film pendek oleh Media FUKI. Film pendek ini merupakan request dari Himmpas UI yang akan mengadakan Grand Launching di medio April 2014 lalu. Eh bentar-bentar, Himmpas? Kayak pernah dengar. Kalo nggak salah itu nama yang lazim dipakai oleh himpunan mahasiswa muslim yang lagi S2 ataupun S3 di beberapa perguruan tinggi, misalnya UGM, tempat Kang Fachrie menimba ilmu S2 Ilmu Komputer. Dan ternyata benar itu Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Universitas Indonesia #jrengjengjenggg

Sempat bingung tapi pada akhirnya tetap bulat untuk berada di FUKI karena bagaimanapun juga niat saya bergabung adalah sebagai ladang amal dan ketika ladang amal itu berkenan menerima saya maka saya pun harus memegang teguh komitmen itu. Wallahualam

Di dalam proses pembuatan film pendek itu berkenalan kami (Media FUKI) dengan Kak Bayu, Ketua Himmpas yang berasal dari FKM. Proses pembautan video ini terbilang kocak karena dikisahkan "sesosok manusia" yang sedang melakukan perjalanan menuju ke sebuah tempat. Kenapa "sesosok manusia" ini saya beri tanda kutip? Karena terdapat tiga orang yang memerankannya, termasuk saya hahaa. Lalu kenapa pula saya singgung proses pembuatan film pendek ini?

Well, time flies and we'll never know exactly what/who will we meet...

Hari ini bertempat di aula Selatan MUI, sebuah silaturahim bagi mahasiswa muslim diselenggarakan oleh Himmpas UI. Agak surprise sekaligus deja vu juga ketika kembali bertemu dengan Kak Bayu. Himmpas ini sendiri baru diinisiasi tahun ini dan masih menginduk ke Salam UI. Wajar jika di awal tahun ini saya belum memperoleh informasi eksistensinya. Nah apakah nantinya saya akan terdaftar sebagai anggota ataukah tidak itu perkara formalitas. Secara organisasi formal prioritas organisasi saya saat ini adalah FUKI. Kalaupun nantinya terdaftar ataupun mendaftarkan diri sebagai anggota, it doesn't matter (mbuh iki opo artine :p). Yang pastinya harapan saya adalah bisa membuka pintu-pintu amalan baik di manapun saya bertempat.

Dan saya sangat tidak menyangka bahwa saya menonton film pendek tersebut di momen ini. Nuhun buat Kang Elka, Kang Ian, Kang Albab, Kang Acad, Kang Aril, dan Kang Acid yang udah bersusah-susah payah membuat film pendek ini.

Silaturahim ini sendiri menghadirkan pembicara, yaitu Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan FHUI, Pak Heru Susetyo dan moderator Kak Faiz Husnayain. Banyak inspirasi yang dihelat dan berseliweran sepanjang diskusi berkualitas ini.

Pertama mengenai prestasi mahasiswa muslim yang belakangan mulai meminor tatkala mahasiswa non-muslim dengan kesungguhannya justru mulai mendominasi deretan mahasiswa berprestasi akademik dan non-akademik. Kemudian dipaparkan pula harapan dia bagi Himmpas UI sebagai wadah yang mengakomodasi kebutuhan mahasiswa pascasarjana dari berbagai fakultas untuk bisa mengembangkan potensi dirinya, terutama terkait berkarya bagi Indonesia. Tak lupa pula dia memberi tips yang sangat penting, termasuk bagi saya, yaitu tentang perjuangan meraih beasiswa.

Sebuah kalimat menarik dilontarkan moderator di penghujung diskusi ini, yaitu "Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan .... silahkan diisi sendiri". Ya, sebuah pertanyaan yang hanya perilaku kita sendiri yang bisa menjawabnya. Kita tidak bsia menggeneralisasinya dengan "prestasi", "warisan", "hutang" atau apapun. Apapun yang kita tinggalkan itu adalah cerminan kualitas hidup kita

:)

No Response to "Silaturahim Himmpas UI"